Long Journey

Review Suka-suka Motorola E3 Power

Posted in Uncategorized by Adam Rinaldi on November 27, 2016

Perhatian : Review dibuat murni berdasarkan pengalaman gue memakai gadget ini.

Bosen dengan ketidakfleksibelan iPhone 5s, gue jadi pengen balik ke Android. Setelah iseng-iseng liat Lazada, gue nemu promo Motorola E3 Power ini. Cocok neh kayanya buat gue. Yasudah, ditebuslah tuh HP dengan harga Rp 1.799.000. Setelah gue pake selama 2 minggu, berikut yang bisa diceritain.

Desain :

Datang dengan kelengkapan handset, kepala charger, kabel data, headset, dan bonus kartu XL 12GB, HP yang gue beli ini warnanya item, dengan lis berwarna abu-abu tua. Desainnya biasa. Ngga terlalu tipis, kaya kebanyakan HP sekarang yang berlomba-lomba buat bikin desain setipis mungkin. Setiap sudutnya dibikin membulat. Back covernya terbuat dari plastik tapi ada tekstur karetnya gitu, bikin enak buat digenggam, ga licin. Ada logo khas huruf M milik Motorola di bawah kamera belakangnya. Yang bikin rada mencolok mungkin ada grill speaker di depan bawah. Suaranya entah kenapa kecil banget dibanding hape-hape gue sebelomnya. Salah kuping gue atau emang begitu suaranya, ga tau juga. Kamera sekunder 5 MP ada di kiri atas, lampu LED notifikasi ada di kanan atas (merah kedip-kedip kalo ada pesan masuk, merah terus kalo charging, ijo kalo charged) Sisi kanan tombol power sama volume. Sisi atas port jack 3,5mm, sisi bawah port charger. Standar. Dari desain, jujur gue ga suka.

img-20161126-wa0009img-20161126-wa0010img-20161126-wa0011

Performance :

  • Aplikasi : Ga banyak aplikasi bawaan (bloatware) yang tertanam di hape ini. Malah kayanya ini Android murni deh. OS nya udah Marsmallow. Ga ada gallery atau music player. Dipaksa pake Google Photos sama Google Play Music. FYI, gue pake gallery dan music player dari pihak ketiga.
  • Suara : Keluaran suara dari loudspeaker maupun headset kecil.
  • Hardware : prosesor Mediatek MT6735P quadcore 1Ghz Cortex A53, RAM 2 GB, GPU Mali-T720MP2, ROM 16 GB (bisa ditambah microSD ampe 32GB), emang keliatan standar banget. Malah bisa dibilang downgrade dari HP Lenovo A6010 gue. Beberapa hari pake, ga ada kendala berarti sih.
  • Layar : 5 Inch HD 720p (294 ppi) Tombol kapasitif adanya di layar, bukan di body hape. Ada yang bilang layarnya Gorilla Glass, ada yang bilang ngga. Untuk amannya, gue pake tempered glass aja dah. Sempet sih iseng gores-gores layar pake kunci, ngga lecet sedikit pun. Tahan cipratan air juga. Jangan dibawa berendam tapi yak.
  • Game : yang gue coba cuma Candy Crush sama Angry Birds terbaru apa namanya lupa gue. Kadang ngelag. Makanya gue uninstall.
  • Skor AnTutu cuma 23ribuan.

screenshot_20161113-090505

Kamera :

Kamera utama menurut gue jelek. Walopun dia pake 8MP dengan autofocus, gue ngerasa hasilnya jelek. Mau di dalem atau di luar ruangan, dengan cukup cahaya atau pake flash, ga ada perubahan signifikan. Banyak noise. Kalo mau motret HDR, tangan kudu diem (steady) agak lama, kalo gerak dikit aja blur. Gue ngeliatnya dari sisi orang awam ya, asal liat jepret aja, ga dioprek-oprek secara teknis. Begitu pula dengan fitur rekam videonya yang cuma 720p. Kamera depan 5MP lumayanlah, ada fitur Beautify juga.

img_20161127_093614img_20161127_093625img_20161127_093633img_20161127_094508

Keterangan : Pake kamera utama. 3 atas outdoor, paling bawah indoor.

Keterangan : pake kamera depan.

Baterai

Dengan batre sebesar 3.500mAh dan bisa dicopot pasang, Motorola E3 Power emang mengandalkan ini sebagai jualan utamanya. Quick chargenya juga cukup membantu. Charging 15 menit buat 5 jam pemakaian katanya sih. Tapi emang bener, gue pake nih hape tahan seharian. Gue cabut charger jam 4.30 pagi dalam keadaan 100%, nyampe rumah sekitar jam 20.00 suka masih sisa 35% dengan pemakaian standar. Pemakaian aktif antara lain Twitter, Instagram, Line, Whatsapp, Chrome, dan telepon 5-10 menitan. BBM sesekali, dan muter musik sekitar 30-60 menit sehari. SIM card dipake 1 slot doang, dengan jaringan 4G terus. Bisa dimaklumi ketahanan batrenya didukung dengan layar yang cuma HD 720p, spek pas-pasan, dan pemakaian gue yang emang standar tanpa nge-game.

Kesimpulan :

Buat spesifikasi begini dihargain Rp 1.799.000 gue ngerasa kemahalan aja sih. Lenovo A6010 Plus gue seharga Rp 1.900.000 (itu harga Desember 2015, hampir setahun lalu) aja prosesor, kamera, dan tata suaranya lebih bagus. Nih HP emang lebih murah 100rb tapi keunggulannya cuma di baterai doang. So, gue ngerasa ga puas aja.

HP ini direkomendasikan untuk orang yang tidak butuh spek tinggi dan butuh HP berbaterai besar dari vendor yang sudah punya nama (Lenovo/Motorola), dibanding mungkin yang masih belom percaya sama HP keluaran China bergaransi distributor (Xiaomi) Buat yang kerja di lapangan atau ojek online cocok nih.

Leave a Reply

