Long Journey

Review Suka-suka Microsoft Lumia 532

Posted in Uncategorized by Adam Rinaldi on April 10, 2015

Perhatian : Seperti sebelom-sebelomnya, gue review nih hape tanpa ada intervensi, sponsor, atau sejenisnya. Murni pendapat pribadi setelah melalui beberapa hari pemakaian. Kalo ngga objektif, culun, ngga lengkap, ya namanya juga review suka-suka.

Ada beberapa alasan gue mencoba Lumia 532 ini. Pertama, gue bosen dengan Android. Solusinya gue mencoba iOS dengan pake iPhone 4. Ngga lama gue pake karena keribetan dan ketidakfleksibelannya. Nyerah. Nyari blackberry Bellagio baru yang garansi TAM udah ngga ada. Berhubung gue pecinta Nokia yang sulit move on, maka tak ada Nokia, Microsoft pun jadi. Ditambah lagi gue perlu hape dual sim demi menunjang kerja gue. Maka dibelilah Microsoft Lumia 532 ini.

Kelengkapan :

IMG_0839

Seperti sudah diliat di atas, ada hape, charger, headset, kartu garansi, buku panduan, sama perdana Mentari. Ga dapet kabel data, apalagi bonus lainnya.

Fisik:

Kotak khas Lumia dengan ujung-ujung yang tidak membulat. Back cover melengkung, jadi enak digenggam. Apalagi ditambah dengan materialnya yang bukan glossy, sehingga ngga bikin licin atau ninggalin sidik jari.

IMG_0842 IMG_0841 IMG_0840

Tapi ya bagi gue sih ngga ada sisi elegannya. Terlihat seperti hape mainan dan murah.

Hardware :

Layarnya kapasitif touchscreen 4 inci 16 juta warna dengan resolusi 480 x 800 pixels (233 ppi) Entah mungkin karena gue kebiasaan liat layar iPhone atau karena dipakein anti glare, gue ngerasa ni layar jelek banget. Lebih jelek dibanding Samsung Galaxy Ace 3 yang sebelomnya gue pake.

Dilengkapin chipset Qualcomm MSM8212 Snapdragon 200, CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7, GPU Adreno 302, serta RAM 1 GB, nih henpon sangat smooth buat dioperasikan. Ngga kerasa lag sedikit pun. Maen game standar juga lancar. Cuma yang gue denger sih Windows Phone belom dilengkapin sama fitur real multitasking pada OSnya jadi kadang emang suka ada notif-notif telat nongol. Ga tau juga sih bener apa ngga. Tapi kalo emang bener kaya gitu, jadinya rada sayang tuh hardware padahal dengan spek seperti itu diharapkan biar bikin lancar multitasking.

Buat memori internal, terdapat 8 GB yang buat gue cukup sih. Bisa diperluas dengan microSD sampe 128GB. Sedikit tips, kalo mau pakelah microSD-HC class 10 biar aplikasi yang ditaro di kartu memori lancar dijalanin maupun diupdate. Ada beberapa kasus yang pake kartu memori pas-pasan jadi sering eror. Buat lengkapnya silakan googling sendiri atau ngubek-ngubek forum.

Kamera :

Kamera belakang 5MP tanpa flash. Bisa ngerekam video 480p@30fps. Buat secondary-nya cuma VGA. Jujur aja, ini salah satu kelemahan nih henpon. Hasil poto bisa dibilang butut banget. Jadi buat kamu-kamu yang doyan motret, nih hape bukan pilihan tepat.

Sight_2015_04_03_214059_549Sight_2015_04_03_152721_688Sight_2015_04_03_152551_837Sight_2015_04_03_152541_231Sight_2015_04_03_152531_051Itu beberapa contoh hasil jepretan. Aplikasi yang dipake Lumia Camera sama satu lagi gue lupa soalnya udah diuninstall.


Baterai dan SIM Card :

Baterai dengan kapasitas 1560mAh cukup tahan lama, apalagi kalo cuma 1 SIM yang dipake. Pengalaman gue pake dual SIM card aktif bersamaan, Twitteran, Path, chatting pake LINE, Whatsapp, dan BBM, sesekali nelpon, kuat sekitar 10 jam. Gue cukup puas dengan performa batrenya. Penerimaan sinyal juga cukup bagus. FYI, ini pake microSIM yah.

Kesimpulan :

Gue emang ngga terlalu dalem ngoprek nih hape karena keterbatasan waktu. Ngga tau deh ada aplikasi benchmarking macem AnTutu atau ngga di WP. Yang jelas gue cukup puas dengan nih hape. Kelebihannya adalah OS yang smooth, keyboard yang enak, batre yang kuat, dan harga relatif murah dengan spek hardware yang lumayan. Sedangkan kelemahannya ada pada desain terlalu sederhana, kamera dan layar yang payah.

Leave a Reply

