Long Journey

Sotoy

Posted in Sekolah dan Kuliah by Adam Rinaldi on November 11, 2013

Salah satu dari sekian banyak sifat buruk gue adalah sotoy. Entah berapa kali kesotoyan gue ini menjadi bumerang yang merugikan. Salah satunya adalah antara gue dengan dosen pembimbing skripsi. Saat itu, gue abis ganti dosen skripsi. Dosen yang baru ini setahu gue keahliannya di bidang ergonomika dan robotics. Jadi lumayan jauh sama bahasan skripsi gue yang dulu tentang manufacturing (DFM). Awalnya gue pesimis dosen ini bisa membimbing gue membahas manufacturing. Lah wong beliau terkenal sebagai ahli robot dan ergonomic. Tapi oleh sang dosen gue disuruh tetep ngerjain tentang manufacturing supaya cepet selesai dan ga perlu belajar dari awal lagi. Yowes nurut aja.

Salah satu kebiasaan Pak Dosen ini adalah tiap minggu mengumpulkan semua anak bimbingannya dalam ruangannya, trus menjabarkan penelitian serta progress skripsi mereka di depan yang lain. Ketika giliran gue disuruh memaparkan tentang tema penelitian, gue menjabarkan dengan semangat berapi-api. Sok pinter. Padahal asli itu presentasi gue ngasal abis. Cuma demi sisa-sisa wibawa sebagai mahasiswa paling senior di situ, gue terpaksa pede bersotoy ria. Para mahasiswa junior pada ngangguk-ngangguk. Entah terkesima dan ngerti bahasan gue atau pura-pura ngerti sambil ketakutan gara-gara ada sesepuh mahasiswa presentasi. Ngerinya sih kalo mereka sebenernya dalam hati ngetawain gue.

Suatu hari di tengah diskusi rutin, di depan mahasiswa-mahasiswa lain, terjadi percakapan antara gue dengan sang dosen.

Dosen : Jadi, gimana progres skripsi kamu?

Gue : Hmm.. susah Pak kalo mau pake DFM. Soalnya kan kita ngga ada barang yang udah jadi.

Dosen : Ohh.. Jadi kalau barangnya belom ada ngga bisa pake DFM ya?

Gue : YA ENGGA LAH (penuh kesotoyan)

Mahasiswa lain : *kembali mengangguk-angguk*

Beberapa minggu kemudian, gue ketemu sama temen seangkatan yang ngambil S2. Kampus boleh bareng, umur boleh sama, tapi doi udah melanglang buana dengan S2-nya, sementara gue S1 aja belon kelar-kelar. Kami ngobrol di bangku kampus. Sebut saja namanya X.

X : Piye, Dam? Masih sama Pak B?

Gue : Udah ngga, X. Aku ganti dosen. Pak H.

X : Ohh..  Aku juga diajar sama Pak H.

Gue : Oh ya? Ngajar apa di S2?

X : Ngajar DFM.

Gue : ………….

Demi memastikan kenyataan mengerikan tersebut, gue buka web akademik. Betapa terkejutnya gue ngeliat di CV bahwa Pak Dosen dulu ngambil masternya tentang manufacturing. Jadi selama ini gue sotoy sama dosen yang master di bidangnya. Asli gue malu banget kalo inget peristiwa presentasi yang sok taunya ampun-ampunan itu. Setelah tau hal tersebut, gue berusaha buat ati-ati lagi mengenai DFM.

Beberapa bulan kemudian gue akhirnya lulus dan mulai ngurus-ngurus surat, administrasi, transkrip, dll. Kejadian sotoy mengenai DFM sudah terlupakan sedikit. Hal paling nyebelin setelah lulus adalah ketika gue harus ngurus transkrip nilai. Itu kudu ngurus ke fakultas, yang mana gue kudu ngantri dengan mahasiswa jurusan lain, sehingga waktu yang dibutuhkan juga lama. Sembari nunggu legalisiran transkrip, gue mendatangi ruangan dosen pembimbing buat nyerahin revisian skripsi sambil ngobrol sejenak.

Dosen : Piye? Gimana rencanamu abis lulus ini?

Gue : Ya maunya apply kerja dulu Pak. Tapi ini belom dapet legalisiran transkripnya. Lama banget ini saya ampe hampir 2 minggu ngurusnya.

Dosen : Ah masa sih? Legalisiran kan sebentar.

Gue : Yang sebentar itu SKL, Pak. Ini transkrip nilai kan urusannya sama fakultas. Lama banget birokrasinya, payah ya Pak. Cuman paraf doang lama banget. (SOTOY DETECTED)

Pas abis gue ngomong begitu, pintu ruang dosen gue diketok. Tampak staf TU lagi bawa tumpukan kertas.

Staf TU : Pak H, ini TRANSKRIP yang harus DIPARAF Bapak hari ini.

Dosen : Oh iya, taro meja sini aja.

Gue : ………

Ternyata untuk ngedapetin legalisiran transkrip kudu pake paraf dosen pembimbing gue yang kebetulan sekarang menjadi pejabat di fakultas. Alhamdulillah beliau ngga tersinggung dengan ucapan gue, dan menetralkan suasana dengan cepat, kalo kaga bisa-bisa transkrip gue ditahan sama si Bapak. Huehehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: