Long Journey

Review Suka-suka New Smartfren Andromax-i

Posted in Review, Uncategorized by Adam Rinaldi on September 15, 2013

PERHATIAN : INI REVIEW BERDASARKAN PEMAKAIAN SEHARI-HARI TANPA TES TEKNIS ATAU OPREK YANG MACEM-MACEM. TUJUAN GUE BERBAGI PENGALAMAN SELAMA SEBULAN PAKE NIH HAPE UNTUK KEGIATAN SEHARI-HARI. KALAU MAU TANYA SPESIFIKASI TEKNIS, TUTORIAL, OPREK-OPREK, ROOTING, SILAKAN DATANGI FORUM YANG LEBIH EXPERT SEPERTI KASKUS. PERTANYAAN MENGENAI TUTORIAL GA GUE TANGGEPIN.

Niatnya sih pengen beli Andromax C yang fenomenal itu. Cuma gara2 gue cari di Bogor maupun Jogja ga ada mulu, terpaksa lah gue beli yg seri ini. Ada sih yang jual Andromax C di konter ga resmi, tapi harganya juga jadi melonjak 150-200 rebu. Ga rela lah gue. Mending gue beli seri atasnya dengan beberapa kelebihan di prosesor, kamera, dan layar. Ya walaupun lebih mahal, sebanding lah dengan speknya dan harga resmi pula. Duit 1,19juta pun ludes dari rekening buat menebusnya. FYI, di sini gue ga bahas secara detil, teknis, dll yang ngeribetin. Toh gue beli ini cuma pengen nyobain OS Android. Udah gitu kasian sama si Blackberry yang ngos-ngosan bekerja ketika gue install banyak aplikasi kayak Whatsapp dan Line. Btw, untuk spesifikasi lengkapnya bisa diliat di sini. Oke kita mulai.

1. Desain.
Desainnya kaku. Ukurannya gede. Ujungnya kotak, ngga membulat, sehingga rada kagok kalo megang satu tangan. Bahannya full plastik glossy dengan lis silver di sisinya. Tipis dan menurut gue agak ringkih. Beberapa orang bilang mirip iPhone. Layarnya jernih, 4 inch dengan teknologi OCA (gue juga ga tau apaan, yang jelas katanya sih bikin bagus dan jernih layar) resolusi 480×800, 240dpi jadi gambarnya keliatan halus. Sisi kanan ada tombol volume, sisi kiri ga ada tombol apa-apa, atas ada tombol power dan port jack 3,5 mm, bawah ada port micro USB. Kesimpulan, dari sisi desain gue ngga suka.

2. Prosesor, RAM, Performa.
Prosesornya ARMv7 dual core 1,2 Ghz dan RAM 512 MB. Jujur gue kaga ngerti prosesor tuh ngaruhin apa, RAM tuh ngaruhin apa. Yang jelas kadang gue masih ngerasa ada lag pas geser-geser layarnya. Sebelom pake Smart Launcher dan DU Battery Saver, RAM ni hape selalu tersisa di bawah 100 MB. Padahal aplikasi yang aktif terus cuma WA sama Line yang nyala otomatis sepanjang hari. Path sama Twicca (aplikasi twitter paling sederhana) bisa di exit sehingga ga perlu bekerja di background. Mengenai game yang gue coba dan lancar pas dimaenin paling Temple Run 1 dan 2, Angry Gran Run, serta beberapa game kecil kayak Onet. Fruit Ninja suka ngelag kadang, Despicable Me 2 patah-patah parah. Pernah ngetes pake aplikasi Nenamark buat tau kemampuan grafisnya, dapet 31,4 fps. Nih hasilnya

Tes kemampuan grafis

Nenamark

Gue ngga mau ngoprek-ngoprek juga buat nambahin performanya karena emang gaptek. Buat gue yang cuma pake Whatsapp, Line, Path, Twitter, sama game kecil, performanya udah cukup. Berikut spesifikasi dan penilaian dari Antutu Benchmark.

Spesifikasi

Spek 1

Spek 2

Hasil tes per sektor

Screenshot_2013-08-24-13-09-08

 Skor hasil tes dapet 7074

Screenshot_2013-08-24-13-09-49

3. Kamera dan Batre.
Kamera utama 5MP dengan autofokus. Menurut gue hasil jepretannya ngga bagus-bagus amat. Harapan gue, 5MP bisa setajem dan sejernih kamera Nokia N95 (ngarep) tapi kenyataannya hasilnya ga terlalu tajem. Cukup lah buat gue sih, ga doyan poto-poto juga.

Contoh jepretan kamera outdoor (full size image)

Outdoor (1)

Kamera depan ngakunya 1,3 MP cuman anehnya kualitasnya kayak VGA. Pas gue cek pake AnTutu Benchmark, ternyata emang kameranya VGA 0,3 MP. Mengecewakan. Ngerekam video pake kamera belakang diklaim bisa 720p (30fps) dan gue lagi-lagi kecewa karena ngerasa ga jauh beda sama tangkepan kamera BB Gemini gue yang di atas kertas justru kalah. Ga tau guenya yang gaptek, sok perfeksionis, atau dapet produk cacat, bawaannya jadi ngga puas mulu. Sebagai bukti kamera depan cuma 0,3 MP, nih gue kasi skrinsutnya.

Kamera depan ditulisnya 1,3 MP tapi kenyataannya 0,3 MP.

Screenshot_2013-08-24-13-11-17
Untuk batre, inilah sektor terpayah dari si hape. Kapasitas 1630 mAh bener2 boros. Gue bisa ngecas 2-3 kali sehari dengan pemakaian aktif (game sesekali, chatting ga terus-terusan, twitteran suka di-exit kalo ga dipake). Segitu udah diredupin brightnessnya ampe paling gelap, ga sync, ga aktifin GPS, dan pake software penghemat batre. Bener-bener mengecewakan.

Kelebihan :

  1. Harga relatif murah dengan spek kayak gini.
  2. Bisa dual CDMA-GSM. Buat yang ga mau ribet, ga perlu bawa hape lebih dari satu. Tapi ya konsekuensinya batre lebih berat kerjanya karena nyari sinyal 2 jaringan.

Kekurangan :

  1. Batre boros walaupun udah nurunin brightness ampe paling rendah dan pake CDMA doang,
  2. Suhu sering cepet panas, mungkin karena CDMA agak susah nyari sinyalnya.
  3. Kamera biasa banget,
  4. Desain kaku (ini cuma masalah selera doang. Beberapa orang justru ada yang bilang desainnya elegan)

Saran:

  1. Kalo bisa pake 1 jaringan aja. CDMA doang. GSM pake hape laen aja. Mayan hemat batre dan ga bikin cepet panas.
  2. Pake silicon back cover atau apalah semacam pelindung, soalnya bodi nih hape terbuat dari plastik glossy jadi gampang baret. Tapi pas ngecharge usahain tu pelindung dilepas dan hape dalam keadaan mati. Soalnya kalo dalam keadaan idup dan ga dilepas backcovernya, bikin hape jadi panas banget.
  3. Kalo maen game terutama yang gratisan, aktifin airplane mode. Itu bisa bikin ads/iklan ngga nongol selama maen sehingga hemat data serta ngga keganggu, dan lumayan ngehemat batre walaupun ga signifikan. Konsekuensinya ya lo ga bisa komunikasi selama maen game.
  4. Coba pake launcher pihak ketiga. Entah di mana ngaruhnya, tapi semenjak pake Smart Launcher (bisa cari di Play Store), RAM gue ga pernah di bawah 100 MB.
  5. Pake aplikasi Camera360 mungkin bisa ngebantu buat lo yang kecewa sama hasil jepretan kameranya.

Sekian review asal-asalan dari gue. Semoga bermanfaat.

Posted from WordPress for Android

21 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. andrean said, on October 4, 2014 at 19:27

    saya saranin andromax c2 di jamin gak nyesel truss hasil antutu bisa sampai 13000


Leave a Reply

