Long Journey

Ditinggal Nikah Mantan

Posted in Pemikiran Ga Jelas, Teman by Adam Rinaldi on June 2, 2013

Umur 25 menjadikan temen-temen di sekeliling gue memutuskan untuk menikah. Salah satunya mantan gue. Sering sih denger keresahan orang yang ditinggal nikah sama mantan. Katanya mah sakit. Berat. Mungkin karena dianya aja masih ada perasaan sayang, jadi semacam ngga rela gitu deh. Bisa juga alasannya gengsi. Masih jomblo trus ditinggal nikah mantan. Hmm.. combo rasanya.

Selama ini gue selalu berhubungan baik sama mantan-mantan gue, ga ada yang putus kontak atau jadi musuh. Mereka jadian lagi pun gue tau, kadang malah ada yang suka curhat tentang percintaannya. Gue pribadi ga ngerasa sakit hati, iri, atau gimana-gimana. Biasa aja. Nah kali ini salah seorang mantan yang cukup ‘berpengaruh’ bagi gue, akhirnya memutuskan untuk menikah. Kenapa gue bilang berpengaruh? Karena gue banyak belajar dari pacaran sama dia. Kami emang ngga lebih dari 3 bulan berpacaran. Dan selama itu gue ga pernah ngajak dia jalan atau nge-date. Pacarannya juga cuma SMS-an, telponan. Di sekolah aja ga pernah tuh gue nemenin makan. Maklum masih SMP, jadi belom paham bagaimana pacaran yang wajar dan bener menurut standar lingkungan seumuran. Jujur, gue sangat bangga ketika berpacaran sama dia. Dia, menurut selera gue, cantik banget. Secara fisik dia sempurna (tinggi, putih, proporsional) Gaul. Udah gitu pinter pulak. Makanya ketika gue putus sama dia, gue menyadari kesalahan gue yang udah menyia-nyiakan dia. Penyesalannya cukup lama tuh, hampir setaun. Mau ngajak balikan, dia udah jadian sama orang laen. Yah apa boleh buat, kenyataan kudu diterima. Dan gue ga mau kalah, jadian juga dong sama cewe baru. Muahahaha… Lalu apa yang membuat dia ‘berpengaruh’? Ini tidak lain karena tiap orang yang tau bahwa gue pernah pacaran sama dia, pasti bakal terkejut saat pertama kali tau kenyataan tersebut “HAH? Elo pernah pacaran sama si X?? Masa sih dia mau sama eloo??” Ngga satu dua orang yang ngomong gitu. Gue aja ampe heran, segitu ga pantesnya kah gue sampe-sampe pada ga percaya. Awalnya sih berasa keren orang-orang tau bahwa gue mantannya si X. Tapi lama-lama gue mikir, ngapain gue bangga. Toh dia mantan gue. Kalo dia berhasil jadi bini gue, baru bangga. Mantan mah kan berarti gue gagal dalam membina hubungan. Semakin banyaknya mantan, semakin ketauan kalo gue belom becus menjaga suatu hubungan.

Balik lagi ke acara nikahan dia. Pas gue dapet undangannya, gue jujur agak kaget walaupun gue udah tau dari jauh-jauh hari. Gue ngga sedih, sakit ati, atau malu. Malah turut seneng sama dia, akhirnya kesampean juga buat nikah sama cowo yang dipacarinya lebih dari 5 taun. Gue sebenernya pengen banget dateng. Mau tau gimana sih perasaannya ketika bener-bener berjabat tangan ngucapin selamat menikah ke orang yang pernah menjadi pusat di mana dunia gue berputar. Apa bakal kaya Glenn waktu dateng ke pernikahan Nola, diiringi backsound lagu Sedih Tak Berujung atau justru hepi-hepi nyengir. Tapi, toh saat ini kami emang ngga ada perasaan apa-apa lagi satu sama lain, udah menjadi temen baik. Ya gue yakin, ada sensasi tersendiri sih ketika gue bener-bener ngelakuinnya, nyalamin dia, ngucapin selamat. Entah perasaan apapun itu. Yang jelas flu dan masalah duit ongkos udah bikin gue gagal menghadiri pernikahan dia. Mungkin memang takdirnya gue ngga dateng kali ya. Dan dari jauh hanya bisa mengucap,

Selamat atas pernikahannya. Semoga selalu diberi kekuatan buat mengarungi pasang surut rumah tangga, diberi kesehatan dan rezeki yang tidak putus, diberi keturunan yang baik, serta langgeng sampai akhir hayat kalian.

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Dwi Jaka said, on June 12, 2013 at 18:20

    kita senasib gan,,sekarang itu yang ane alamin


Leave a Reply

