Long Journey

Konsekuensi

Posted in Pemikiran Ga Jelas by Adam Rinaldi on May 6, 2013

Hampir 100% temen yang minta saran ke gue, ngga pernah nurutin saran gue. Sebagian besar berakhir dengan penyesalan. Gue bukan sotoy atau sok bener. Tapi rata-rata saran yang gue berikan itu emang berdasarkan pengalaman gue, jadi gue ngga sok bijak dalam ngasi masukan juga. Tapi ya namanya manusia, ngga akan sadar kalo ngga kena batunya dulu. Sehingga kadang gue males kalo dicurhatin, apalagi curhatnya tuh ngeluh karena ngga nurutin saran gue. Pengen banget rasanya ngomong “Nah tau rasa kan lo?” tapi gue ngga tega. Biasanya setelah itu gue cuman diem sambil hembusin napas.

Gue termasuk sering menjadi tempat sampah. Tempat orang curhat, ngeluh. Ngga jarang pula orang marahnya sama siapa, gue yang kena sasaran. Semakin sering, semakin gue ngerti. Ada tipe yang cuma pengen didengerin, ada tipe yang pengen didengerin sekaligus minta saran, sampe ada yang cuma minta dukungan atas pilihannya dia tapi berkedok minta saran. Apapun itu, ujung-ujungnya ya ngga nurut saran gue. Dan setelah mereka ikutin kata hatinya, apabila keputusannya dirasa salah, mereka ngeluh ke gue. Nyesel dulu kenapa ga nurut. Gue ngerti sih, kita emang paling sreg kalo ngelakuin apa yang disuruh hati. Logika, sudut pandang, dan pengalaman orang lain seketika bisa jadi omong kosong di saat keinginan dalam diri kita menggebu-gebu atas sebuah pilihan. Semua pilihan tentu ada konsekuensinya. Pahitnya, ga semua orang bisa nanggung konsekuensi itu sendirian. Ada yang memilih untuk curhat, mengeluh, menyesal, ya padahal itu konsekuensi pilihannya sendiri. Harusnya semakin dewasa seseorang, semakin matang dalam mempertimbangkan pilihan, sehingga hasil akhirnya tidak mengecewakan. Kita boleh curhat, boleh ngeluh. Manusiawi kok. Tapi ya abis itu cepet-cepet introspeksi diri, ngaca, kenapa bisa begini. Hampir seluruhnya keluhan kita itu disebabkan diri sendiri. Ngga mau denger pendapat orang, bertindak gegabah. Tapi toh kita semua sepakat, kata hati diri sendiri emang paling bener buat menentukan keputusan kita. Jadi, kalo emang mau ikutin kata hati dan ga mau dengerin saran serta sudut pandang orang laen, bersiaplah atas konsekuensi pilihan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: