Long Journey

Review Suka-Suka HP Pavilion DM1-3016 AU

Posted in Uncategorized by Adam Rinaldi on August 30, 2012

 Gue cukup bingung ketika laptop Toshiba A200 kesayangan gue rusak total. Laptop ternyata sangat penting bagi gue. Emang sih gue masih punya PC, yang walaupun cukup jadul tapi udah bisa memenuhi kebutuhan gue sehari-hari. Cuman karena gue butuh komputer yang mobile, dan kos ini seriing banget bermasalah dengan listrik (tegangan ngga stabil, sering turun, dan mati listrik) akhirnya gue ngerasa tetep butuh laptop. Gue kemudian mempertimbangkan untuk beli laptop lagi, yang sesuai kebutuhan dan kantong pastinya.

Pertama, gue mau ukurannya lebih kecil dari Toshiba yang kemaren. Gila, tuh laptop beratnya hampir 3 kg dan memiliki layar 15,4 inch. Kegedean. Dan ngga nyaman banget buat dibawa-bawa.

Pertimbangan kedua adalah spesifikasinya memenuhi kebutuhan dasar gue, seperti mampu jalanin office, ngenet, chatting, muterin film dan lagu, serta maenin game-game yang relatif kecil (DOTA, CS, Angry birds, sama game-game flash)

Ketiga, sesuai budget yang dikasih bokap sebesar 5 juta. Tadinya sih sempet kepikiran buat beli netbook biasa yang 10 inch aja, semacam HP Mini atau Acer Aspire One. Murah dan kayanya udah cukup memenuhi kebutuhan gue di atas. Cuman gue akhirnya tau kalo netbook ga kuat muter film HD 1080p, selaen itu gue ngerasa layarnya kekecilan.

Setelah gue googling buat survey kecil-kecilan, akhirnya gue nemuin 3 pilihan, yaitu notebook HP 431, netbook ASUS 1215B, dan HP Pavilion DM1-3016 AU. Pertimbangan gue adalah, notebook HP 431 udah punya spesifikasi bagus, lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan gue. Prosesor Core i3 dengan VGA ATI 6470 1GB dan harddisk yang lumayan lega sebesar 640 GB, kayanya layak banget dihargai 4,8 juta. Masuk budget tapi mepet banget. Gue ngga bisa nabung. Selaen itu layarnya yang 14 inch juga walopun standar, tapi dirasa cukup kegedean buat gue untuk dibawa mobile. Sedangkan untuk ASUS 1215B, spesifikasinya udah sangat mantep untuk sekelas netbook. Layar 12 inch, prosesor AMD E-450 dengan VGA ATI Radeon 6320 udah cukup buat muterin film HD 1080p dengan lancar. Selaen itu juga bisa maenin game 3D menengah ke bawah dengan settingan tertentu. Mengenai harddisk, 500 GB kayanya udah lebih dari cukup buat sebuah netbook, dan hal itu tentu sangat menguntungkan. Kelebihan lainnya adalah tersedianya USB 3.0 walopun cuma 1 slot. Mengenai harga, waktu itu ditawarin sekitar 3,3 jutaan. Sangat menggiurkan sih. Tapi kenapa akhirnya gue memilih HP DM1 yang notabene lebih mahal (selisih hampir 500 ribuan) prosesornya sedikit di bawah (AMD E-350) , ga ada slot USB 3.0, dan harddisk lebih kecil (320 GB) ? Hahaha, jawabannya adalah karena desainnya gue nilai lebih bagus daripada ASUS. Layarnya emang lebih kecil (11,6 inch) tapi pas gue bandingin ga terlalu jauh beda. Ketika pertama kali gue ngeliat ASUS, jujur aja gue sama sekali ga tertarik sama desainnya. Keliatan plastiknya banget, kaku, dan ga modis di mata gue. Dan pertimbangan lainnya adalah, gue dapetin Windows 7 Home Basic 64-bit original kalo beli HP. Ini sedikit banyak berpengaruh buat gue. Selaen karena males nginstall Windows ke netbook yang ngga punya optical drive, gue juga ngerasa lebih aman aja make Windows asli. Selama ini PC gue pake bajakan terus. Laptop Toshiba yang kemaren juga sebenernya pake Windows Vista asli, tapi karena ga tahan sama lemotnya, akhirnya gue ganti ke Win 7 bajakan. Ya jadi pertimbangan desain dan Windows itu akhirnya dibayar dengan harga lebih mahal, hampir 500 ribu.

Akhirnya gue bungkus lah tuh si HP DM1 dengan harga 3,780rb. Trus nambah 75rb buat anti gores layarnya. Yak masih ada sisa duit 1 jutaan buat ditabung. Nyebelinnya sih gue ga dapet bonus apa-apa kaya tas/softcase, mouse, atau bahkan cleaning kit sekalipun. Beberapa software yang ada di netbook ini pas awal beli adalah Windows 7 Home Basic 64bit, HP games, HP software, Microsoft Office 2010 Starter (Word & Excel) sama Norton Internet Security free 60 hari.

Kesan selama pake 10 bulan ini, gue ngga nemuin keluhan berarti. Kalopun ada beberapa masalah yang perlu instal ulang, hal ini gampang banget soalnya tinggal pencet F11 di BIOS kita bisa ngembaliin settingan laptop kaya waktu pertama kali beli. Sama agak ribet aja sih waktu awal partisinya. Gue ampe kudu dibantu temen. Ga kebayang aja kalo gue ambil ASUS, pas kudu instal ulang gue kudu melalui USB. Gue pernah sih nyoba instal Windows XP via USB ke PC. Dan itu luaaammmaaa banget. Ga ngerti kenapa. Apa karena flashdisk gue butut atau emang ada kesalahan lainnya. Selaen masalah ngga tersedianya optical drive, gue ga nemuin kekurangan berarti. Berikut gue kasih review tentang netbook ini, dengan bahasa awam yang ngga terlalu teknis.

1.       Desain

Desain HP ini cukup keren buat sebuah netbook. Casingnya berwarna item berbahan agak glossy, trus ada motif kayak batik. Bagian dalemnya juga keliatan futuristik dengan warna silver berbahan plastik. Ga banyak tombol di permukaan, cuma ada tombol power doang di pojok kiri atas. Keyboardnya chiclet, cukup ergonomis dan enak dipandang. Trus di bagian handrest kanan ada stiker AMD Vision sama Windows 7. Simple. Touchpadnya sih gue ngga begitu nyaman, soalnya tombol klik kiri kanan menyatu sama touchpadnya. Makanya gue lebih sering pake mouse.

2.      Port

Portnya ngga terlalu istimewa. Di bagian kiri ada 1 USB 2.0, port HDMI, indikator lampu harddisk, saluran pembuangan panas, Kensington Lock, sama port charger. Sedangkan di kanan ada 2 USB 2.0, headphone (sayangnya ga ada port microphone) slot SD-MMC, VGA sama LAN

3.      Suhu

AMD terkenal panas. Emang kalo dibandingin sama intel, dia kalah dingin. Gue pertama kali pake AMD ini juga kaget waktu handrest kiri panas ketika gue pake ngegame atau ditaro di kasur. Diukur pake software HWMonitor suhunya sekitar 57º celcius kalo ngetik-ngetik biasa, dan bisa 60º -70º ke atas kalo ngelakuin kerjaan berat. Apalagi kalo ditaro di kasur. Emang sih saluran udaranya cuma ada 1 di kiri. Jadi menurut gue sirkulasinya kurang baik. Lah orang di bawahnya aja modul penutupnya simpel banget. Ga ada lobang udara sama sekali. Percuma juga kalo pake cooling pad menurut gue.

4.      Performa

Gue ga ngerti benchmark-benchmarkan, atau software-software yang sering dipake orang buat ngereview. Gue cuma nulis berdasarkan pengalaman make. Jadi gue nginstall beberapa program dan game standar. FYI, gue udah nambah RAM yang tadinya 2 GB jadi 4 GB DDR3 10600 merk Visipro.

Berikut list reviewnya:

  • Office 2007 : Lancar.

Cuman kalo pas bukanya emang agak lambat ya? Gue kurang ngerti juga emang begitu atau masalah hardware yang ngga mencukupi.

  • Adobe Photoshop CS 4 Micro : Lancar.

Bukanya juga agak lama.

  • Autodesk Inventor Professional 2009 : Agak berat.

Kayak Photosop pas ngebukanya agak lama. Trus pas ditutup programnya juga ada jeda sekitar 1-2 detik sebelom bener-bener nutup.

  • Pro Evolution Soccer 2012 : Lancar (settingan tertentu)

Sebenernya settingan high juga masih bisa dimaenin, tapi ngelag. Gue biasa pake settingan resolusi layar (1280 x ….) dengan detail medium. Itu udah lancar.

  • Football Manager 2012 : Lancar

Kalo pake mode pertandingan 3D ngelag. Cuma dapet 1 bintang di penilaian performancenya.

  • Angry Birds : Lancar

Semua seri Angry Birds lancar.

  • Counter Strike 1.6 Portable : Lancar

Entah kenapa kudunya game ini ringan, tapi justru pas gue main suka agak ngelag. Padahal resolusi layarnya udah standar (800 x 600) dengan warna medium 16-bit. Tapi secara keseluruhan lancar. Cuma ada beberapa saat aja yang agak ngelag.

  • Dota : Lancar (settingan tertentu)

Ini juga kudu dimaenin dengan settingan tertentu. Nyamannya sih setting semua medium dengan resolusi 1024 x 600×16

  • Browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, PaleMoon, Internet Explorer 9)

Gue pernah pake keempatnya, dan sejauh ini gue paling nyaman pake PaleMoon. Masalah selera aja mungkin ya. PaleMoon kan platformnya sama dengan Mozilla. Buka tab ampe 13 lancar-lancar aja. Cuman ga tau kenapa, biasanya pas awal-awal suka not responding. Trus begitu juga kalo gue lagi nulis di WordPress. Mungkin gara-gara autosave WordPressnya.

  • K-Lite Codec Pack Media Player Classic

Ini gue pake buat muter film HD. Gue pernah pake VLC dan GOM Player, tapi emang paling nyaman pake ini. Beberapa player dia atas suka ada yang ngelag, Media player Classic ngga.

 5.      Kesimpulan

Setelah melihat desain, performa, serta harga yang ditawarkan, gue ngerasa HP DM1 ini pilihan terbaik untuk gue.

Beberapa keunggulannya adalah:

  • Desain. HP emang dikenal punya desain bagus dalam beberapa produknya. Ini menjadi keunggulan dia. Salah satunya ya netbook ini. Walopun netbook, mereka ngga membiarkan kesan murahan tampil di produknya.
  • APU. Gabungan prosesor dan VGA ini udah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ditambah kemampuannya mengerjakan beberapa aplikasi grafis menengah (Photoshop dan Autocad) walaupun tidak terlalu lancar.
  • Bundling Windows Home Basic. Kebanyakan produsen netbook ngebundle dengan Windows Starter, tapi HP malah berani ngasih Home Basic 64 bit yang lebih kaya fitur. Seenggaknya ini satu langkah di depan. Dan ngga nyusahin kalo mau nginstal ulang.

Dan kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Prosesor. Clock-nya cuma 1,6 Ghz jadi agak berat ngejalanin beberapa aplikasi penting. Beberapa kali ketika dites buat ngejalanin aplikasi atau game tertentu, prosesor selalu jadi masalah utama dengan rating bad.
  • Suhu. Walopun orang-orang bilang AMD sekarang udah ngga panas lagi, tetep aja menurut gue masih terlalu panas. Solusi dengan menggunakan HP Coolsense (aplikasi buat mengatur kecepatan kipas) juga buat gue ngga terlalu ngaruh. Selaen itu juga sistem pembuangan panasnya kudu jadi PR produsen.
  • Optical Drive. Ini memang risiko yang harus diterima paling awal ketika memutuskan membeli netbook. Gue agak kesulitan kalo kudu ada tugas atau keperluan yang menggunakan optical drive seperti ngeburn DVD atau nginstal software yang ngga gue dapet softcopy-nya. Jaman sekarang walopun hampir semua udah beralih ke softcopy, tetep aja DVD/CD masih banyak dipake. Sedangkan harga optical DVD external masih relatif mahal (350ribuan)

 

 

 

11 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. yuk said, on November 22, 2012 at 07:50

    beli dimana bro.. kok mahal banget nyampe ampir 3.8jt padahal yg type DM1-4000u (amd 450) aja cuma 3.2jt,, kalo ane punya pilihan terbagus direntang harga sgitu jatuh pd lenovo thinkpad edge e125 dg harga 3.530rb dg fitur tahan bantingnya n keyboardny anti air.

    • Adam Rinaldi said, on November 28, 2012 at 20:11

      itu kan harga lebih dari setaun lalu bro. sekarang emang jatoh banget harganya. 2.975 udah dapet

  2. scott said, on November 24, 2012 at 20:49

    komplit artikelnya. Gue juga mau beli HP aja.

  3. Kakbayu said, on January 5, 2013 at 12:15

    Kalau saya mending pilih Asus 1215B e450, lebih kaya fitur, spek lebih tinggi, keyboard chiclet, harga lebih murah. Kalau masalah casing plastik banget, datang aja ke tukang aksesoris laptop, terus minta pasang anti gores di body belakang LCD dengan variasi gambar2, udah ketutup kesan plastiknya. Apalagi sekarang ada jasa laminating body laptop.
    Install win7pro pake flashdisk lebih cepat. Saya install di netbook acer intel atom model lama aja sebentaran banget.
    Walaupun asus 1215B non windows, tapi di win7 ada fitur windows image backup. Kita backup, taruh di partisi lain. Kalau windows error, di netbook ada pilihan restore image backup (F9). Saya belum pernah coba, soalnya belum pernah crash windows nya

    • Adam Rinaldi said, on January 6, 2013 at 10:28

      hehe sip mas. kalo masalah spek emang udah jelas saya akuin asus lebih keren, tapi semua kan balik lagi ke selera masing2. saya suka banget sama model HP, dan sama sekali ga suka model asus, mau tipe yang manapun. mengenai masalah windows, saya juga emang pengen nyobain pake yang original, dan lebih ke ga mau repot install2 pake flashdisk sih. udah gitu, udah dipartisiin backup windows dari pabriknya, jadi ya ga perlu repot2 bikin lagi. hehe.. ya pokoknya ini semua balik lagi ke selera masing2. makasih udah sempetin baca dan komen😀

  4. na said, on November 17, 2013 at 19:49

    hp punyaku ru stu thn dah ganti keyboard n skarang engsel kiri patah…hohoho

    • Adam Rinaldi said, on December 1, 2013 at 18:37

      waduh kok bisa. punya saya udah 2 tahun Alhamdulillah ngga kenapa2.

  5. aldi said, on May 16, 2015 at 21:44

    gan itu gamenya dota 2? lancar ga mainya? prosesornya kerja keras banget ya ? ane ngebet pingin instal dota 2 soalnya hehe

    • Adam Rinaldi said, on May 31, 2015 at 19:32

      DOTA 1. DOTA 2 ngga kuat.

  6. faisal ammar said, on October 10, 2016 at 23:57

    Bisa buat point blank juga ga ya kira2? Upgrade ram ke 4gb abis berapa duit gan?

    Thanks😁

    • Adam Rinaldi said, on November 27, 2016 at 09:56

      Point Blank kayanya ga kuat deh. Upgrade RAM udah lupa dulu berapa. Hehehe


Leave a Reply

