Long Journey

Review Smartfren Enduro

Posted in Uncategorized by Adam Rinaldi on May 8, 2011

Tulisan kali ini rada beda sama yang udah udah. Ga tau kenapa gue pengen iseng ngereview hape yang baru sekitar seminggu gue beli. Bagi gue, hape cdma masih tetep penting buat berkomunikasi verbal lewat telpon. Apalagi buat berpacaran LDR.
Oke, setelah hape cdma Nokia 2116 yang udah berumur 4 taun itu mulai menunjukkan gejala-gejala ga beres kaya tiba-tiba sinyal ngedrop dan muncul ‘searching for network’ ampe sering tulisan ‘insert sim card’ nongol, gue jengah juga. Belom lagi daya tahan batre yang 1000 mAh ga kuat ngidupin standby 2hari doang tanpa pemakaian. Batre baru pun ga menjadi solusi, karena sama aja ngeheknya. Boros, cepet low, dan nelpon cuma kuat 1 jam. Males juga ngecas terus. Akhirnya dengan kekesalan yang amat sangat, gue memutuskan beli cdma baru. Persyaratan yang gue butuhin adalah bentuknya candybar, tipis, batre kuat, memori sms gede, dan sanggup ngetik sms panjang. Pilihannya ya hape-hape bundling buatan China, karena Nokia susah ditemukan (batrenya juga payah) dan Samsung kemahalan. Sempet nyari bundling Esia gitu, tapi dikit banget yang ada. Udah gitu belom diunlock pula. Gue pake Fren, jadi mau ga mau kudu diunlock. Tiba-tiba pas buka webnya Smartfren, ada hape baru yang ditawarin. Namanya Smartfren Enduro. Wuih.. Gue langsung beli aja. Berikut sedikit review gue tentang si Enduro itu:

1. Kelengkapan dan Desain
Hape ini tersedia dalam 3 warna, item, merah item, sama putih. Sayang toko yang gue datengin cuma sediain warna item. Padahal gue ngincer warna putihnya. Dengan dus warna oranye, ngejreng banget dan menimbulkan kesan murahan. Hahaha.. Begitu dibuka, ada handset, batere, charger, headset, buku manual, starterpack Smartfren Lokal Plus, sama kartu garansi 1 tahun dari Haier. Hape ini emang di lock sehingga cuma bisa dipake operator Smartfren. Ga masalah, karena emang gue make Fren dari dulu. Enak ga ribet harus registrasi nomer kalo keluar kota. Dari sisi tarif juga irit, 20 ribu cukup buat sebulan telpon-telponan ampe puas. Ga berkurang lagi, karena gratis kalo ke sesama Fren. Ke operator lain juga murah. Btw gue ga promosi loh, cuma konsumen yang merasa ga kecewa aja. Hehehehe..
Oke, masuk dari sisi desain, gue cukup puas dengan model candybar hape ini. Tipis dan ringan. Sepintas kayak hape maenan. Material yang terbuat dari plastik murah makin menguatkan ni ponsel berwujud maenan. Cuma ada 1 port mini USB buat nge-charge yang juga port buat headset. Sama 1 lobang kecil di bawah buat torch/senter yang bisa dinyalain dengan cara neken keypad bawah selama 2 detikan. Lumayan berguna. Untuk kenyamanan keypad, buat gue relatif enak dan empuk. Cuma buat gue rada ringkih aja gitu keypad plastiknya berkesan kaya mau copot karena emang didesain ga rata. Overall sih gue suka dan nyaman.

2. Pengoperasian dan Fitur
Interface khas hape China. Sederhana dan keliatan murahan walopun udah berwarna. Layarnya cukup lega sih. Pada layar standby terdapat menu Facebook di kiri dan Chat Smartfren Messenger di kanan. Ni hape emang nyediain aplikasi FB, Twitter, sama messenger berbasis BREW (gue kurang tau itu apaan. Hehe) Pas gue coba, emang ga bisa berharap banyak sih dari aplikasi-aplikasi itu. Tampilannya yang sederhana dan cenderung bikin mata cape, bikin gue ga minat buat berlangganan tuh aplikasi. Tapi buat hape seharga 197 ribu (udah termasuk PPN) itu udah lumayan loh. Apalagi udah dilengkapi radio dan headset. Radionya bisa nyimpen channel, namun sayang keluarannya ngga stereo. Namun cukup banget lah buat hiburan. Untuk SMS udah mendukung penulisan sepanjang 700an karakter. Ada lagi tuh fitur Blacklist buat menyaring nomer telpon yang ga kita inginkan. Mantap. Buat sensitivitas, kayanya ini jadi nilai minus. Ketika gue ngetik cepet, huruf terakhir ketikan suka telat respon. Padahal gue rasa dengan make chipset Quallcomm yang baru harusnya lebih responsif dan ga lemot.

3. Batere dan Memori
Inilah daya jual hape Enduro. Dengan menggunakan batere Li-ion 1000 mAh diklaim iklannya sih bisa standby hingga 700 jam alias sebulan. Pada kenyataannya ni hape cuma kuat standby 6 hari. Tapi itu udah sesuai ekspektasi gue lah. Seenggaknya ga perlu ngecharge tiap 2-3 hari sekali. Bandingin sama Blackberry gue yang kudu dicharge saban 12 jam. Cape deeh.. Kelebihan lain, ternyata baterenya juga kompatibel sama batre Nokia BL-5C. Tapi gue ga menyarankan buat ngeganti pake batre Nokia sih, pake lah dengan batre dari Haier juga. Hehehe…
Untuk memori telpon, sanggup menyimpan 500 kontak. Ada grup-grupnya juga. Sedangkan memori pesan bisa menampung hingga 200 SMS. Cukup lah.

Kesimpulan:
Overall, gue puas punya Smartfren Enduro buatan Haier ini. Nilai plus dari sisi desain yang tipis dan ringan, batre yang awet, radio, fitur blacklist sampe bisa nulis panjang SMS dan memori SMS yang cukup besar bener-bener ga mengecewakan gue sejauh ini sih. Cuman responsivitas dari software serta keypad yang ga flat juga bikin nilai minus.

Posted with WordPress for BlackBerry.

18 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. nisa said, on June 23, 2012 at 17:23

    waaah thanks banget info nya. gue juga mau share. tadi nya gue sama pacar gue pake cdma e**a gue pake paket khusus tlp 1 minggu = Rp 10.000,- plus PPN, awal nya fine2 aja gue pake paket mingguan itu. tapi tiba2 paket itu udah gak ada lagi dan gue+pacar gue panic, akhirnya kita memutuskan untuk beli hp smartfren enduro yg dilihat dari tarif tlp itu muraaaaah banget ke sesama operator. gak kaya E**a awal nya doang, tiba2 tuh paket mingguan ilang. hmmm so far smartfren GOOD!


Leave a Reply

