Long Journey

Balada Hape

Posted in Uncategorized by Adam Rinaldi on May 8, 2011

Abis ngereview hape, jadi ada semangat buat nulis tentang hape-hape gue. Pertama kali gue make henpon sekitar taun 2001, esempe kelas 2. Jaman segitu masih jarang yang make dan gue pun dapet lungsuran dari bokap hape jadul Nokia 6110. Bentuknya gede, ada antenanya. Beli nomer XL yang waktu itu bernama proXL dengan harga 150rebu. Dikemasnya pun ekslusif, pake kotak CD. Isi ulangnya juga mpot-mpotan, kudu 100rebu cuy. Kenapa milih XL? Kaga tau. Bokap yang beliin. Tu nomer masih gue pake ampe sekarang. 10 taun kalo diitung-itung. Lanjut, selepas pake 6110, bokap menghadiahi ultah dengan Nokia 3310 yang mana menjadi ponsel sejuta umat saat itu. Kelas 1 esema atas desakan pergaulan gue pun penasaran dengan hape berkamera. Berhubung 6600 masih mahal, gue cukup puas dengan Nokia 3660 yang juga cukup sejuta umat di jamannya. Sempet lama make tuh hape ampe taun 2008, gue mencoba untuk mencicipi teknologi 3G. Dengan berbagai pertimbangan, dipilihlah hape 6120 classic ini sebagai andalan. Fitur yang hampir komplit dengan 3,5G alias HSDPA membuat gue kesengsem dengan ni ponsel. Ada radio, mp3 player, kamera 2 MP dengan flash, ada kamera sekundernya juga buat video call. User friendly banget. Enak dipake SMSan. Layarnya gede, jernih, karena udah 16 juta warna. Yang okenya lagi, bisa dijadiin modem internet. Ni hape emang udah memenuhi kebutuhan gue banget. Ditambah aplikasi macem office, makin lengkaplah ni ponsel. Cuman ya sayangnya bodi hape ini disusun dari material yang buruk. Gampang mletek catnya. Malah kayak korosi gitu. Belom lagi baterenya yang cukup boros untuk ukuran hape smartphone. Tapi ga ngilangin kecintaan gue sama ni henpon ko. Kalo aja cewe gue ga bikin kesepakatan buat make Blackberry, mungkin gue bakal make terus tuh hape jadi primary phone. Cuman ya demi kelancaran komunikasi, BlackBerry Messenger dianggap lebih efektif daripada SMS. Mau ga mau gue kudu make BB. Sebenernya gue bukan tipe penyuka QWERTY sih. Makanya agak risih juga bawa-bawa blekberi lantaran bodinya gede. Belom lagi kudu langganannya yang bikin pulsa tekor. Sempet kepikiran buat tuker sama BB Pearl yang ngga QWERTY tapi sayang duitnya. Efek bebe ini juga macam-macam. Sisi positipnya gue jadi lebih lancar komunikasi via BBM sama pacar maupun temen. Bahkan gue pernah diskusi ngebahas soal ujian lewat tuker-tukeran poto di BBM. Selain itu gue juga lebih gampang nerima info karena tinggal mantengin Twitter langsung deh gue apdet tentang kondisi sekeliling. Selaen itu produktivitas gue nulis blog pun meningkat. Sederhana sih, soalnya gue kalo insomnia pelariannya ya ke blog. Nah sisi negatifnya adalah gue menjadi orang pemalas. Kerjaannya ngenet mulu via bebe. Liat berita politik lah, olahraga lah, kadang juga kepo mantengin orang yang suka twitwar di Twitter. Belom lagi boros banget batrenya, sehingga sehari bisa 2 kali gue nge-charge. Intinya sih semenjak pake bebe gue jadi boros. Boros pulsa, boros listrik (ngecharge mulu) boros waktu juga. Tapi karena passion gue emang nulis, jadi emang masih kebantu banget sama bebe. Pengen balik lagi ke hape candybar, yang kecil, tipis, ringan, ga boros batre, tapi susah. Sial.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

