Long Journey

Radio

Posted in Uncategorized by Adam Rinaldi on April 20, 2011

Gue iseng nyalain radio dan matiin tipi. Gelapin kamar dan membiarkan penyiar cuap-cuap dengan lincah sambil muterin lagu-lagu yang entah kenapa gue ngerasa tenang. Lucu, jadi keinget 5 taun lalu pas awal-awal ngekos, temen gue tiap malem cuman radio tape ini, yang umurnya udah 12 taun. Hadiah ultah gue ke-11. Waktu itu belom ada komputer, apalagi tipi. Jadi pengantar tidur tuh praktis cuma SMS-an sama dengerin radio. Sesekali muter kaset. Hehe, jadul bener.
Asli, ternyata nyetel radio buat nemenin tidur tuh nyaman banget. Kamar gelap, yang keliatan cuman lampu indikator dari tape gue. Kesederhanaan yang udah lama gue ga lakuin semenjak gue memiliki tipi tuner dan koneksi internet. Pas ada internet, gue bisa lupa waktu ampe begadang. Dengan adanya tipi, mata gue ga bisa beristirahat. Tuh tipi ngajedur sapopoe (nyala terus sehari penuh) sehingga mengakibatkan mata lelah. Belom nyulut emosi juga kalo udah nayangin berita kelakuan DPR, gosip Bang Ipul si lebay, atau yang marak akhir-akhir ini tentang Briptu Norman. Asli pengen muntah, kaya kaga ada berita yang lebih cakep aja. Nah, di tengah keputusasaan (atau lebih tepatnya ke-eneg-an) gue atas acara tipi, gue inget sama kebiasaan si pacar yang rajin dengerin radio. Maka malam ini gue coba lah pada kebiasaan 5 taun lalu. Jaman awal kuliah. Alhamdulillah masih berpungsi nih radionya setelah sekian lama cuma jadi spiker buat tipi tuner.
Lucu deh kalo inget lagi alesan gue pengen dibeliin radio tape. Waktu itu gue sekitar kelas 6 esde dan temen-temen pada suka ngomongin penyiar-penyiar radio lokal kota gue. Belom lagi dengan pengetahuan lagu mereka yang update berkat mantengin radio mulu. Bener, wawasan tentang musik gue lumayan bertambah semenjak denger radio. Mulai dari lagu sekarang, jadul, ampe sangat jadul pun suka ada. Lagu-lagu gitu yang bikin kita hanyut sama hal yang pernah kita lewatin dulu. Misal gue pernah denger Sometimes When We Touch-nya opa Rod Stewart, tiba-tiba inget jaman masih kecil, dan kadang juga kita tau judul sebuah lagu yang sebelomnya kita cuma tau nadanya doang tuh dari radio. Lagu-lagu ga terduga dari semua jaman kayanya bisa dihadirkan. Rasa kepenasaranan akan ‘lagu apa sih yang bakal diputer selanjutnya?’ menambah greget dari dengerin radio. Nilai plus lain, entah plus apa minus sih ini, yaitu belajar pembajakan sejak dini, ngerekam lagu-lagu rikuesan sehingga bisa punya koleksi lagu yang diinginkan tanpa perlu beli sealbum penuh. Cuman modal kaset kosong, pantengin radio, kalo ada lagu yang diinginkan langsung pencet REC. Dulu mp3 belom semenjamur sekarang. Kaset dan CD pun masih merajai. Jadi ga heran dulu banyak bertebaran bisnis anak-anak yang nerima kaset kompilasi. Muahahaha.. Gue pun penasaran (biasa, jaman puber) dengan aktivitas mendengar radio yang sepertinya mengasyikkan, dan tentunya, GAUL. Maka gue pun meminta kepada bapakku untuk dikadoin radio tape pas ultah. Hohoho dan karena bapak saya orangnya baik, akhirnya permintaan tadi dikabulkan, sodara-sodara. Resmilah gue mengikuti pergaulan temen-temen sekelas. Ohya, ada lagi yang menarik mengenai radio-radioan ini yaitu kirim-kirim salam sambil kirim lagu. Ahahaha.. jadul banget. Tapi lucu sih, ada yang sambil ngucapin sayang-sayangan gitu. Kadang malah sahut-sahutan. Seakan-akan dunia radio tuh milik berdua. Ga mikirin gimana pedihnya hati si penyiar yang mungkin tersangka jomblo itu. Jaman sekarang mah mungkin buat pamer kemesraan gitu tuh dilakukan lewat saling tulis wall pesbuk atau berbalas twit di twitter. Terus terang aja, gue pernah nyoba nelpon gitu buat kirim salam tapi ga pernah berhasil. Pengen aja gitu ngucapin sesuatu ke pacar lewat radio. Mungkin malu-maluin, mungkin jadul, tapi jujur aja ini adalah media yang belom pernah gue pake buat berpacaran. Chatting, telpon, SMS, pesbuk, twitter, udah gue coba semua. Justru teknologi lama macem radio belom pernah dijajal. Ya selaen tipi jg sih. Tapi buat apaan lewat tipi? Katakan Cinta udah ga ada juga gitu. Hehehe..
Yap, ternyata udah banyak yang gue lewatin bersama si radio ini. Kenangan-kenangan lucu, jasa-jasa dia yang nemenin gue, inspirasi yang didapet, menjadikan gue kangen lagi rutinitas bersamanya. Dan sekarang, sambil nunggu tidur, gue biarin dia nyala seharian, biarin tu penyiar cuap-cuap lincah, biarin pasangan-pasangan kirim salam mesra, biarin lagu-lagu mengalun, cuma buat nemenin tidur gue..

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

