Long Journey

Pemikiran

Posted in Uncategorized by Adam Rinaldi on April 17, 2011

Gue suka kesel deh sama orang yang ngomongnya nyolot. Nyerocos kaya petasan. Apalagi dengan volume tinggi. Antara lagi orasi, ngomong biasa, atau marah-marah, ga bisa dibedain. Sumpah, orang kaya gitu ngeganggu banget. Apalagi dalam hidup berkos-kosan. Tenggang rasa dan ngehormatin hak orang bener-bener kudu diperhatiin. Gue lebih respek sama orang yang bawa pacar ke kosan daripada orang yang suka bawa temen cowo tapi ngeganggu orang lain dengan ketawa kenceng atau teriak-teriak ga jelas. Yang bawa pacar tuh kebanyakan ga ngeganggu. Sedangkan yang bawa temen justru sebaliknya.
Entah karena gue dicekokin sama pemikiran kritis-kritis atau liberal atau apalah namanya, gue jadi suka bingung sama kelakuan orang Indonesia yang menganut budaya timur. Kenapa sih harus ada istilah kaya gitu? Budaya timur yang katanya sopan, menjunjung tinggi budaya malu, penuh tabu ini tabu itu, ga boleh gini ga boleh gitu. Tapi kalo ngeliat buktinya adalah Indonesia ga jadi negara yang maju. Hasil dari budaya timur itu apa? Yang ada orang jadi kebanyakan munafik, selalu usil sama urusan orang laen, budaya malu pun udah ga ada lagi kayanya. Kenapa ini negara ga dijadiin liberal aja? Tiap orang berhak ngapain aja selama dia bertanggung jawab terhadap apa yang dia lakuin serta asalkan ngga ganggu orang. Gue suka jengah juga sama polisi-polisi moral yang sok ngurusin moral orang laen. Ingetin boleh, tapi jangan sampe ekstrim juga. Toh kalopun dia ngelakuin hal dosa, dia sendiri yang nanggung dosanya. Kenapa harus repot ngurusin orang laen selama ga diganggu secara jelas? Bingung? Oke, gue kasih contoh. Waktu di kosan gue yang dulu, 3 temen gue diusir gara-gara bawa cewe ke kamar kosnya. Buat orang Indonesia, berduaan dengan lawan jenis di dalam sebuah ruangan (kamar atau rumah) itu tabu. Ngga boleh. Berhak dihakimi oleh massa. Dituduh berzinah. Menimbulkan fitnah. Yang gue ga abis pikir, kalo emang alesannya takut menimbulkan fitnah, kenapa ga ngontrol diri aja supaya jangan fitnah? Bukankah fitnah itu juga dosa? Lebih kejam dari pembunuhan malah. Gue sih jujur aja ga risih atau terganggu kalo ada cowo bawa cewe ke kamar. Berdua-duaan. Kenapa? Karena dia ga ganggu gue. Mau dianya ML, belajar fisika, atau menyulam sekalipun selama ga mengganggu gue sih ga masalah. Itu malah melatih kita supaya kita ga cepet berburuk sangka sama orang. Ngga gampang suudzon dan fitnah. Dengan cara seperti itu, gue rasa dua pihak ga ada yang dirugikan.
Beda kalo misal ada orang yang walopun sejenis gendernya tapi malah ganggu orang. Misal, ada 2-3 orang cowo yang berada dalam 1 kamar tapi mereka berisik. Ngomong kenceng. Ketawa-ketawa ampe ngeganggu orang sekitar. Buat gue, itulah sebener-benernya ngeganggu.
Gue suka bingung makanya sama orang Indonesia kebanyakan. Masih aja rese kalo ada orang nonton porno, minum miras, atau bawa lain jenis ke dalam kamar. Selama tu orang nonton porno doang tanpa embel-embel memperkosa sesudahnya, gue pikir ga ada yang dirugiin. Orang minum alkohol sendirian di kamar, mabok sendiri, ngerusak barang sendiri, ga mabok di jalanan buat gue juga biarin aja. Begitu pula dengan yang bawa pacar ke kamar.
Intinya sih, gue pengen masyarakat kita lebih terbuka aja. Ga usah dikit-dikit tabu, ga boleh, pamali. Apalagi sekarang udah banyak bukti bahwa orang yang sok rese bertindak sebagai polisi moral juga ketauan belangnya. Banyak yang munafik. Ga usah ngurus urusan orang deh kecuali diminta. Kita punya urusan sendiri yang lebih penting daripada ngurusin moral orang lain. Banyak orang Amrik minum atau seks bebas tapi mereka bisa berbuat sesuatu yang membanggakan. Malah gue pernah denger ada model yang berfoto bugil untuk mendonasikan duit hasil fotonya itu untuk korban bencana. Terlepas dari halal tidaknya tuh duit, gue memberi apresiasi terhadap tuh model. Berpoto bugil bukanlah merampok. Bukan pula mencuri. Dan ga ada orang yang tersakiti atau dirugikan. Beda sama di sini. Dikit-dikit ga boleh, dikit-dikit bertentangan moral, budaya timur. Halah, Jepang itu orang timur loh, tapi mereka punya industri film porno. Ngga dikit-dikit tabu, ngga dikit-dikit ngurusin moral. Hasilnya? Negaranya maju. Di sini, kebanyakan ngurus hal ga penting. Urusan moral orang lain lah, ga sesuai agama lah. Agama itu urusan personal. Kita boleh ngingetin, tapi ngga dengan pemaksaan atau kekerasan. Yah kesimpulannya kita urus diri masing-masing, jangan dikit-dikit fitnah. Yang logis aja. Selama ga ngeganggu orang laen, ga usah ngelarang-larang deh.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: