Long Journey

MOS & OSPEK

Posted in Uncategorized by Adam Rinaldi on April 13, 2011

Gue jadi inget 5 taun lalu. Pertama kali gue nginjek kota ini buat kuliah. Excited banget. Kayaknya ga sabar buat mulai kehidupan kampus. Kehidupan yang bener-bener baru. Budaya yang beda, tanpa orangtua, bareng temen-temen yang notabene kurang deket, merupakan sedikit dari beberapa tantangan hidup di sini. Tapi emang gue seneng. Harapan-harapan tinggi muncul di pikiran. Gue mantap menjadi mahasiswa baru.
Tapi ngomong-ngomong tentang mahasiswa baru, ga bisa lepas dari yang namanya OSPEK alias Orientasi Siswa Pengenalan Kampus. Terus terang gue takut pada awalnya. Berdasarkan obrolan-obrolan sama senior, kebanyakan bilang kalo ospek tuh nyeremin. Ngga kaya MOS waktu jamannya sekolah menengah. Kalo pas esempe atau esema kebanyakan porsi marah-marahnya, di kuliahan bakal lebih “gawat” dengan adanya hukuman fisik. Emang sih pernah ada berita-berita (entah fakta entah gosip) yang biang ospek banyak makan korban. Bahkan ampe korban jiwa. Ngeri bangat kan. Gue, yang bakal ngadepin ospek dalam beberapa waktu ke depan, terang aja stres. Takut. Serem. Tegang. Seru. Dulu waktu esempe, gue justru excited sama MOS. Semangat bener ngikutin acaranya. Lucu sih. Hari pertama kudu sisiran belah pinggir kanan dan wajib pake minyak rambut. Hari kedua pinggir kiri dan hari ketiga klimis belakang. Gue yang awal esempe emang bergaya rambut macam nik karter, tentu ga susah dong menunaikan tugas kaya gitu. Malah emang udah kebiasaan sehari-hari. Dan bagi yang ngelanggar atau salah belahan rambut, bakal kena hukuman berupa disisirin pake minyak jelantah mamang gorengan! Nah pas ada rajia oleh senior, gue lolos dan otomatis gue bilang Alhamdulillah untung ga kena dong. Eh ternyata si senior yang baru lewat 2 siswa di belakang gue ngedenger. Kontan doi balik lagi dan bilang “apa kamu bilang? Bangga ya?!” Dan “sreett” disisirlah rambut gue pake jelantah oleh si senior cumi. Gue kaget, mangap. Untung aja dia kaga sekalian guyur tuh minyak ke mulutku yang lagi nganga. Hahaha dasar apes emang gue. Hari-hari berikutnya sih standar, ga ada yang menghukum gue. Yang rada seru sih pas disuruh nulis surat cinta buat senior. Aiih gue bikinnya dengan niat dong. Usut punya usut ternyata gue jatoh cinte beneran sama sang senior. Buahahahaha.. Eh ga disangka pas ulangan umum gue duduk sama si senior manis itu. Dibantuin pulak dalam ngejawab soal. Gue pun makin cenat-cenut. Akrab, ketawa-ketawaan. Seakan-akan ga pengen kalo ulangan umum tuh cepet selese (loh?!) Tapi emang akhirnya cinta gue bertepuk sebelah tangan. Si senior cuman menganggap gue adek yang asik. Ogah doi sama brondong. Halaaah..
Lanjut masa MOS esema, di sini juga ga begitu beda sama esempe. Tapi kudu 3-2-1 cukuran rambutnya. Sisanya ngga ada yang istimewa.
Nah yang seru pas ospek di kuliahan. Awalnya sih males, tapi berhubung diancem ga dapet sertipikat kalo ga ikut, yasudah gue ikut aja. Gue dapet kelompok yang gue ga kenal semua orangnya. Di sinilah gue belajar berinteraksi dengan orang baru. Sekalian nyari-nyari cewe yang bening, siapa tau jodoh. Tapi apa daya, ga ada yang sesuai selera gue. Apa karena kelompok gue kebagian namanya Hanoman ya? *nyoba nyari korelasi* Hari pertama gue udah kena hukuman pus ap aje gara-gara ga bawa salah satu barang (gue lupa apaan) Nah tibalah saatnya sesi “Marah-marah” Wudiih serem-serem bro tampangnya. Mana bawa rante, tongkat bambu, besi, gokil deh. Disaat semua anak di barisan disuruh nunduk, gue iseng kaga mau nunduk. Eh ternyata dari belakang kepala gue dikeplak bambu. Ga terlalu sakit sih, tapi shock aja. Janjinya kan ga ada kontak fisik. Udah gitu gue didatengin, diteriak-teriakin deket kuping “Mau ngelawan kamu, hah? Mau jadi jagoan?! Nunduk!!” Sekonyong-konyong cairan conge gue keluar. Hehehe ngga deng. Gue cuma ngerasa budek dikit aja karena menerima sekian desibel suara senior judes yang ga ditoleransi kuping *lebay* Tapi hari-hari selanjutnya sih ga ada yang spesial. Palingan joget-joget memalukan, pus ap. Yah pokonya mah banyak kegiatan. Sehat deh.
Yap begitulah sekelumit cerita tentang acara orientasi di tiap jenjang pendidikan gue. Buat gue yang paling asik pas esempe, semangat dan ada bumbu cintanye. Hahahaha..

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: