Long Journey

Sepenggal Cerita dari Desa

Posted in Sekolah dan Kuliah by Adam Rinaldi on August 27, 2009

Kakaen telah berakhir. Gue pun kembali menghadapi rutinitas kuliah sebagai mahasiswa, bukan sebagai kuli lagi. Hehehe.. Yap, seperti yang telah diceritakan pada tulisan gue sebelomnya bahwa selama kakaen ini gue ngerjain kerjaan kuli. Mulai dari ngerok dan ngecat gapura, ngangkut batu kali buat ngecor jalan, ngeratain tanah buat dijadiin lahan ruang serbaguna, gali tanah buat masang plang jalan, ampe bantuin keluarga tempat gue nginep buat ngangkat karung beras. Sebuah pengalaman yang bener-bener baru buat gue. Gue yang dasarnya pemales dan ga pernah ikut kerja bakti, mendadak jadi suka ‘fitness alami’ gini. Gue yang sebelomnya ansos (anti sosial) juga tiba-tiba jadi sedikit lebih mau peduli sama orang laen. 2 bulan. Gue hidup satu atap dengan orang-orang yang bener-bener baru, mempunyai karakter beda, daerah beda, latar belakang beda, bahkan umur pun beda. Sebagai orang yang dikenal ga gampang bergaul, beneran hal kayak gini tuh bisa bikin gue sulit untuk survive. Namun ternyata semua ketakutan gue ngga terjadi. Gue bisa nyaman hidup sama mereka.

Mungkin terdengar klise. Tapi emang sebenernya kakaen ini udah ngasih banyak pelajaran serta pengalaman berharga. Yang mana gue pernah ngerasain juga bermacam emosi di sini. Marah, kecewa, ketawa, terharu. Semuanya gue rasain aja sebagai proses lah. Kekeluargaan yang kuat, solidaritas yang tinggi, gotong royong, ampe kedewasaan dalam nyelesein masalah menjadi isi penting dalam cerita kakaen gue. Ditambah cinlok-cinlokan sebagai bumbu, lengkap sudah semuanya. Hehehe..

Sebenernya gue pengen bikin tulisan yang rada serius. Yang bisa bikin lo-lo semua yang baca nangis bombay. Tapi kok ga nemu kata-kata yang pas yak? Ya sudahlah. Kita tulis biasa saja. Standar. Se-standar muka lo.

By the way, kulit gue yang makin item ini ternyata menimbulkan kepanglingan orang-orang di sekitar. Mulai dari temen kuliah, temen kos, sampe bapak kos ngomentarin kegosongan kulit gue. Hahaha.. ini bukti kalo gue ga gaji buta alias pengangguran. Gue kerja lah disana, mengabdi pada masyarakat. Cuma sebenernya sih yang gue harapkan tuh turunnya bobot badan gue ini. Tetapi gara-gara disana makannya teratur 3 kali sehari, yang ada malah naek 1 kilo. Alhasil gagal sudah program pengurusan badan gue.

Okei, biar ringkas dan sistematis, gue bikin daptar aja pengalaman selama kakaen ini. Mari dimulai:

1. Semenjak KKN, perilaku berkendara gue semakin buruk. Contoh pertama, karena waktu itu gue diburu waktu buat nyampe dusun cepet-cepet, gue sempet nerobos lampu merah. Polisinya udah ngeliatin dan berdiri, tapi gue sedang beruntung kayaknya. Jadi ga dikejar. Aneh yak?

Cerita yang laen, untuk pertama kalinya gue ditilang tapi berhasil ngadalin polisinya. Jadi pas gue beli perlengkapan buat acara 17-an, gue kena razia ga penting. Dan waktu itu STNK gue lagi di Bogor buat bayar pajak. Gue dengan over pedenya nyerahin potokopian STNK pas pak polisi meminta kelengkapan surat. Namun apa yang terjadi? Ternyata ga boleh pake potokopian dan harus ada surat jalannya! Waduh alamat keluar 20 rebu nih. Nah abis nama gue dicatet di surat tilang,

Pak polisi:  ” Mau sidang atau diwakilin?”

Gue : “Ehmm..diwakilin aja deh” *sambil ngeluarin dompet, siap-siap nyawer 20 rebu*

Pak polisi : “Oke, Dek Adam jangan diulangi lagi yah” *ngasih SIM sama STNK potokopian gue*

Gue bengong. Memandang wajah Pak Polisi dengan tatapan napsu, eh heran. Dia juga memandang gue. Terjadilah pandang memandang yang nggak ngenakin. Ahahaha apa coba.

Sedetik kemudian langsung gue ambil SIM gue dan ngeloyor pergi tanpa ngasih duit. Gue ga mau ngeliat ke belakang, yang ada dalam pikiran gue buru-buru cabut dari situ. Dan misi kabur gue ternyata berhasil sodara-sodara. Muahahaha… Untung ga dikejar.

2. Disana gue cukup akrab dengan bocah-bocah esde. Padahal gue sebenernya ga suka anak kecil. Yaahh suka sih, cuma tidak untuk  yang berumur 3 taun ke atas. Tapi karena gue terpaksa jadi guru bimbel dan ngaji buat anak-anak di dusun, jadilah mau ga mau gue harus bermanis-manis ria bersama mereka. Biasanya gue kedapetan ngajar matematik sama pisika. Cieehh keren ga? Padahal mah itu kan fisika sama mate kelas 1 esempe. Hahahaha… Jelas aja bisa. Lalu buat urusan kenakalan, anak-anak disana emang jagonya. Nyolot pula. Tapi untung sih gue ga pernah ngadepin bocah yang sangat nyolot. Takut kali sama tampang gue. Selaen itu, anak-anak juga doyan manggil gue Mas Rooney. Ah ngga bangga gue. Coba dipanggilnya Mas Beckham. Kan keren tuh. Hehehehe…. ngelunjak.

Terus, untuk ngajar ngaji gue awalnya serem. Bukan apa-apa, soalnya gue udah lama banget ga baca Al-Qur’an. Lupa tanda baca, cara baca, dll. Tapi untung selama itu gue ga ngalamin kesulitan berarti. Kendala utamanya sih tetep, kesabaran. Gue yang ga sabaran gini seringkali gemes kalo ngeliat anak yang udah gue ajarin ampe 3 kali ga ngerti-ngerti. Jadi waktu ada yang nanya PR ke gue, gue jelasin pelan-pelan dan dia ga ngerti ampe 3 kali, gue langsung kerjain PR-nya. Trus gue suruh pelajarin lagi. Begitu pula dengan yang ngaji. Gue males kalo bocahnya disuruh ngulang baca pas udah ampe 3 kali salah. Jadi aja gue yang baca keras-keras *ini sebenernya mana yang murid mana yang guru* Hehehe.. Ini ada poto bersama anak didik gue pas lomba 17-an. Dan mereka kalah! Huhuhuh.. Ah payah nih kalian semua!

P1000885

(Pelatih culun dengan anak buah nyolot)

3. Setiap ada undangan penyuluhan, gue selalu kedapetan sebagai kurir yang nganterin undangan ke warga. Dan untuk menghargai tata cara sopan santun di sana, 1 rumah tuh bisa kedatengan 15 menit. Padahal mah cuma ngasih selebaran doang. Tapi kan emang tradisinya tuh kita kudu masup dulu ke rumahnya, ngobrol, dijamu. Nah pernah tuh suatu waktu gue ke rumah bapak RT 05. Disana udah jam setengah 9 malem. Gue sama temen gue yang sama-sama punya penyakit maag, disuguhin minumah kayak teh gitu. Ternyata pas gue minum, ehh itu kopi item. Buset daahh gue kan ga bisa minum kopi gara-gara maag. Temen gue juga, dia suka mual perutnya kalo minum kopi. Ketipu deh kami berdua. Huhuhuhuh…Ada lagi, pas ke rumah bapak RT 08, gue disuguhin minum teh manis, lengkap dengan semut merah gede sebanyak 4 ekor! Beuh..rasanya manis-manis pedes gitu deh. Mau ga diminum ga enak, diminum juga gimanaa.. Ya sudah gue pasrah.

1 cerita lagi pas gue nganter undangan ke RT 06. Gue nemuin di situ ada pemuda kira-kira 30 taun lah lagi ngerjain kerajinan topeng kayu. Jadi gini nih dialognya,

Gue : Ini rumah pak erte?

Orang muda lagi ngerjain topeng kayu : Iya betul. *masih asyik ngerjain. Jawapnya ga sambil liat muka gue*

Gue : Pak ertenya ada?

Orang muda lagi ngerjain topeng kayu : Pak ertenya lagi tidur *masih cuek*

Gue langsung nengok ke temen yang nganterin gue. Gue bilang pak ertenya lagi tidur. Terus temen gue itu langsung nemuin si pemuda tadi. Dia ngobrol-ngobrol dikit gitu sambil nyerahin surat undangannya. Selesai ngasih dan pas perjalanan menuju motor, gue nyeletuk “Pak ertenya udah tidur. Itu siapanya emang?” Terus temen gue ngakak “Hahahaha..kamu ditipu. Itu kan pak ertenya! Hahahaha” Oalaahh…ternyata emang pak erte 06 tuh terkenal paling muda se-dusun dan kelakuannya sangat jail. Jadi tadi gue kena dikerjain dia. Aseemm…

Yahh kira-kira segitu cerita yang gue anggap menarik selama 2 bulan ini. Masih banyak sih, cuman gue agak kesulitan ngerangkum 2 bulan menjadi 1 tulisan. Jadi mungkin segini dulu aja, ntar kalo ada tambahan gue tulis lagi. Hehehe.. selamat baca. Semoga bisa ngambil sedikit manfaat dan pastinya terhibur!

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ferdi isnanda said, on August 28, 2009 at 18:30

    hahahah, edan…anak gunung kidul tau rooney juga, hhe… tapi emang mirip siah dam (gw juga jadi sadar dah, hahahhaha)
    pngen liat perubahan kalakuan maneh, si beunget pimodoleun..
    asik..asik..

  2. shaami said, on August 28, 2009 at 19:53

    ngiri pengen ngedesa juga!
    mas rooney, mbaknya mana… hahehaehaehae


Leave a Reply

