Long Journey

Orang Kampung Mudik ke Bogor

Posted in Kejadian Sehari-hari by Adam Rinaldi on May 26, 2009

Dalam rangka mengisi long wiken kemaren, gue memutuskan buat balik ke kota tercinta. Serba mendadak, itulah tema liburan gue kali ini. Tadinya gue ga mau balik, soalnya mepet banget liburannya dan kerjaan gue numpuk dari tugas P3 ampe kepanitiaan. Namun gue nekat aja gara-gara mikirnya ntar pas liburan panjang kan keisi sama KKN. So, dengan segala resiko, gue balik ke Bogor melupakan kegiatan kampus sejenak.

Gue balik hari Selasa tanggal 19 dengan menumpangi Air Asia. Wah udah setaun lebih gue kaga naek pesawat, dan gue mule udik dengan tata cara naek kapal terbang, seperti bagaimana cara check-in sama bayar airport tax  itu. Ngomong-ngomong, pesawatnya oke juga loh. Seperti baru (atau emang baru?) Pelayanannya pun cukup memuaskan dibanding maskapai-maskapai lain yang pernah gue naekin. Apalagi pas nyampe Soekarno-Hatta, ada bis yang ngejemput buat naro kita-kita para penumpang ke Terminal 3 yang baru itu. Pas turun, gue ngomong dalem ati, wah macan juga nih Air Asia pake bis-bisan segala. Nah, terus gue kira kan tuh bis bakal nganter ampe mana gitu yang jauhan, eh ga taunya cuma 15 meteran kali dari tempat gue naek. Yaelah, itu mah jalan kaki juga bisa atuh. Tapi ga apa-apa. Itu nunjukkin  itikad baik mereka dan usaha service yang mumpuni dari maskapai tersebut. Kemudian, begitu memasuki terminal kedatangan, naluri udik gue makin membuncah. Sejenak gue melongo. Busett, keren amat yak. Gede bener.  Begitu lapang. Bagus deuh pokoknya. Lebih cihui dibandingin terminal-terminal laen. Apalagi dibanding terminal kampung rambutan. Hehehehe…

Singkat kata, gue berada di bis Damri yang akan mengantar gue ke Bogor. Agak menyayangkan juga sih, soalnya gue paling suka perjalanan tuh malem hari. Enak aja gitu ngeliatin lampu-lampu kota Jakarta malem-malem. Tapi ya sudahlah. Yang penting gue balik ke Bogor, tidak sabar bertemu orangtua dan kurcaci-kurcaci di rumah. Sepanjang perjalanan, gue pengen tidur, namun apa daya. Gue duduk di sebelah kenek, yang mana  gue harus menahan badan supaya ga remuk lantaran bangkunya keras banget dan ga ada sandarannya. Hasilnya bodi keren ini harus mengalami pegel-pegel temporer. Untung gue ga terlalu lama merasakan penderitaan itu. Sekitar jam setengah 4 sore, akhirnya gue nyampe Bogor dengan selamet. Senang sekali rasanya melihat angkot-angkot ijo dan orang-orang yang, tanpa bermaksud SARA, ngomong bahasa Sunda. Turun dari bis, gue ga langsung pulang. Mampir dulu ke Botani Square yang emang tinggal loncat dari tempat gue turun di pool bis Damri. Niatnya kesana adalah buat pipis, mumpung gratis dan lebih bersih daripada WC umum di pool. Sekalian gue mau ngeceng-ngeceng abege Bogor yang suka berseliweran di Botani. Huehehehe..

Hari pertama liburan gue isi dengan bertemu teman lama. Nonton Angels & Demons. Buset tu pilem lama bener. Padahal gue udah nebak-nebak ceritanya, dan ternyata tebakan gue benar. Tapi seru juga sih. Abis itu, ga ada yang spesial. Besoknya gue nge-band bareng Tante Lucy. Harap diketahui, Tante Lucy ini bukanlah mucikari atau tante girang, melainkan sebuah band  lucu-lucuan yang dibentuk 3 taun lalu bersama temen-temen esema gue pas pulang Kartinian dari sekolah. Iseng ga ada kerjaan, ya udah pada ngeband.  Awalnya kami doyan bawain lagu-lagu 70-an macemnya Koes Plus, Panbers, dan musisi-musisi seangkatan mereka. Hal ini dikarenakan Gibran, si gitaris, adalah fans berat Naif dan Ecax, sang drummer, yang ternyata doyan ngedengerin tembang-tembang lawas. Tapi lama-lama Gibran mulai nyoba bikin lagu ndiri. Ngakunya sih beraliran eksperimental on pop. Gue sendiri ga tau maksud genre-nya apa, soalnya gue anggota paling ga aktip. Tau kan tempat kuliah gue dipisahkan jarak 500km lebih dari kota sejuta angkot itu. Tapi sejauh yang gue rasain sih, nih band berbau Blink, Netral, dan band-band punk semacamnya. Dan walopun gue dipisahin jarak begitu jauh, yang penting kalo lagi libur dan ngadain latian, gue sempetin dateng. Asik juga ternyata ngeband sama mereka ini, soalnya lagunya unik. Ga ada yang berbau cinta-cintaan. Dan satu lagi yang parah, dengan gebleknya band ini pada sepakat memasang gue sebagai frontman sekaligus gitaris. Hahaha.. Ancur..

Setelah itu, waktu gue banyak dihabiskan bersama keluarga. Mulai dari ke rumah sodara, ngobrolin banyak hal tentang keluarga, ngobrol sama ortu gue, sampe ngurus kurcaci-kurcaci di rumah. Rencana gue buat ketemu temen esde sekaligus tetangga gue yang datang dari Malaysia gagal gara-gara ga nemuin waktu yang pas buat bersua. Duh padahal gue udah ngarep banget  ketemu tuh, mau nostalgia-nostalgiaan. Tapi emang belom waktunya kali ye. jadi mungkin lain kali.

Seperti biasa, gue di Bogor menjadi orang yang kayak ga pernah liat nasi setaun. Apaaaa aja dimakanin. Dikit-dikit buka kulkas. Dikit-dikit nyomot. Macaroni, coklat, pepes patin, sampe nasi goreng campur rendang menjadi korban keganasan napsu makan gue. Untung pintu kamar ga sempet gue sikat juga. Hehehe.. Dan akibatnya adalah, tiap pulang dari Bogor gue selalu bawa oleh-oleh berupa sakit muncrut-muncrut! Ahh paling tidak suka saya dengan penyakit yang satu ini. Pas perjalanan pulang di kereta alhasil gue kentut-kentut mulu. Untung aja gue duduk sendiri, bangku sebelah gue kosong. Jadi meminimalisir korban yang akan jatuh akibat bau kentut gue. Huhuhuhuh…

Jam 5 sore, gue nyampe Jogja dan menghadapi rutinitas seperti biasa. Hoaaeehhemmm… Ya begitulah kira-kira rangkuman liburan singkat gue. Ga ada yang menarik sih, tapi mayan lah buat nambah-nambahin postingan di blog ini.

Leave a Reply

