Long Journey

Cerita para Pengajar Gue

Posted in Sekolah dan Kuliah by Adam Rinaldi on March 20, 2009

Pas masa sekolah atau kuliah, kita semua pasti punya guru dan dosen yang kelakuannya unik. Begitu pun dengan gue. Rata-rata sih pada lucu. Dan serunya, mereka semua itu guru agama. Oke, gue jadi tertarik nih buat nulis kisahnya. Semoga beliau-beliau ga tersinggung ya gue bagi di sini. Hehe..

Jamannya esde, gue punya 1 guru favorit. Beliau bernama Pak Evi. Setiap pelajarannya, murid cowo diwajibkan make peci sedangkan yang cewe pake kerudung. Bagi yang ga bawa peci, siap-siap aja dikasih hukuman yang sadis, yaitu ditarik jambangnya! Ugghhh..seru! Sensasinya asoy bener. Kalo cewe gue lupa tuh hukumannya apa. Pernah suatu hari gue ga bawa peci dan ternyata si bapak udah wanti-wanti minggu kemarennya kalo ada yang ga bawa peci ato kerudung diwajibkan keluar dan ga ikut pelajaran. Kebetulan gue yang kena. Sendiri pula. Hueh sial bener.. Kapok dah gue.

Terus ada lagi hukuman unik yang lainnya, yaitu nano-nano. Nano-nano adalah sebuah kapur sebesar permen yang dilempar kepada anak yang ketauan ngobrol pas lagi pelajaran berlangsung. Bagi yang kena nano-nano, disuruh maju menghadap si bapak untuk mengembalikan tu kapur, sekalian bonus (lagi-lagi) tarik jambang. Hahahaha.. cadas bener. Untuk masalah keefektifan cara ngajar, Pak Evi juga jagonya. Beliau berjasa banget membuat gue hafal bacaan surat-surat pendek Al Qur’an dengan cara baca yang baik serta benar. Soalnya tiap minggu tuh suka disuruh maju ke depan satu-satu buat dites. Selain itu, beliau terkenal sebagai guru gaul yang jago maen voli. Seumur-umur baru sekali gue liat orang melakukan servis sambil nungging. Dan pelakunya tidak lain tidak bukan adalah Pak Evi. Wow, keren. Namun, sekarang Pak Evi udah ngga ada. Beliau wafat beberapa waktu lalu. Rada sedih juga karena mengingat jasa-jasanya udah banyak buat gue, sekaligus ngasih warna dalem kehidupan esde gue. Terima kasih ya Pak..

Lanjut di esempe, guru gue normal-normal aja. Beliau agak serius dan jarang becanda. Tapi enak kok ngajarnya. Cuma rada garing aja kalo serius banget gitu. Nah, pas esema baru gue ketemu guru yang ekspresip banget. Pak Oma namanya. Si bapak satu ini kalo ngajar kayak pemaen teater. Pertama pelan ngomongnya. Tenang. Trus ga ada ujan ga ada petir, eh tiba-tiba dia ngomong kenceng bener. Lebih ke tereak-tereak sebenernya sih. Padahal ga marah-marah, cuma emang ekspresinya berapi-api gitu. Kadang adegan berbicara keras tersebut dikombinasikan dengan pukulan penggaris ke meja. Sehingga kadang yang duduk di depan suka kaget ndiri. Hahahaha.. Lucu banget dah pokonya guru yang satu itu.

Sedangkan untuk di kuliahan, gue dapet dosen agama dari Arsitektur. Saban kali kuliahnya gue suka rada horor juga. Soalnya beliau doyan banget nunjuk orang buat nanya atau ditanyain. Walopun kita ga punya pertanyaan, tapi kalo udah ditunjuk harus tetep nanya. Aneh kan? Pemaksaan kehendak. Hehehe.. Cuma tadi ada kejadian rada geblek juga. Jadi seperti biasa si bapak maen tunjak tunjuk ke para mahasiswanya. Berikut percakapan yang terjadi:

Dosen : Ya mas yang pojok! Anda hapal doa sebelom tidur? (sambil nunjuk mahasiswa di pojokan yang kayanya lagi ngantuk)

Mas yang di pojok : Eh..iya. Apal Pak! (kaget)

Dosen : Oh bagus. Pasti hapal ya. Nah kalo mbak di depan yang pake kerudung biru! Anda hapal doa sebelom bepergian?

Mbak Kerudung Biru: Iya, Pak. Hapal (sambil senyum-senyum ga jelas)

Dosen : Oke. Trus mas yang di belakang! Itu yang pake baju ada huruf  ‘A’ nya! (nunjuk gue)

Gue : Saya, Pak? (sambil menuding diri ndiri)

Dosen : Iya. Anda. Anda hapal ga DOA DAPET JODOH??

Seisi kelas kecuali gue : HAHAHAHAHAHAHA… (ketawa puas)

Gue : Hehe.. ngga, Pak. Doanya aja ga tau gimana (sambil nyengir miris. Ngerasa kesindir)

Dosen : Oh anda sudah punya pacar ya kalau begitu? Jadi ga perlu lagi ya hapal doa dapetin jodoh? (sambil senyum dikulum. Padahal gue tau dia pengen ngikik tapi jaim)

Gue : Heheh..heheheh… (nyengir pasrah)

Asli deh tadi gue malu bener diketawain sekelas. Mana isinya anak dari jurusan laen pula. Gagal euy gue buat berjaim ria. Hahaha.. Lagian si bapak kok bisa-bisanya nanya doa dapet jodoh? Pas banget lagi ke gue! Jangan-jangan beliau bisa membaca keadaan orang-orang hanya dengan melihat muka? Seperti tadi. Orang yang ngantuk ditanyain doa sebelom tidur. Sedangkan gue ditanyain doa dapet jodoh. Kalo gitu tampang gue memancarkan aura-aura seret jodoh dong! Hahaha..sialll… Bapak telah sukses membuat perasaan saya terkapar. Sensasinya bener-bener seperti ditonjok plus digigit kuping sama Maik Taisen😀

Nah begitulah kira-kira cerita tentang para pengajar agama gue dari esde sampe kuliah. Orangnya unik-unik. Gue kira tuh guru agama bakal yang jarang becanda, serius, dan ga aneh-aneh. Ehh taunya pas ngerasain diajar mah gubrak deh. Hehehehe…

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Septine Wulandini said, on March 22, 2009 at 18:20

    Hahaha..
    Bu cholisoh yg paling bener yak? Dulu kykny ada guru agama satu lg,siapa yak?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: