Long Journey

Nyampah Aja Deh.. Part II

Posted in Kejadian Sehari-hari by Adam Rinaldi on March 12, 2009

Autis. Kayaknya kata tersebut lagi ngetren ya di semua kalangan. Ampir tiap hari gue denger. Cuma gue rada penasaran apa arti sebenernya autis itu. Kalo menurut wikipedia sih:

Autisme diklasifikasikan sebagai ketidaknormalan perkembangan neuro yang menyebabkan interaksi sosial yang tidak normal, kemampuan komunikasi, pola kesukaan, dan pola sikap. Autisme bisa terdeteksi pada anak berumur paling sedikit 1 tahun. Autisme empat kali lebih banyak menyerang anak laki-laki dari pada anak perempuan.

Cuma sekarang autis udah mengalami perluasan makna yah. Jadinya setiap orang yang jalan sendiri atau jarang bergaul dibilangnya autis. Gue adalah salah satu orang yang sering disebut termasuk kriteria itu, lantaran gue sukanya ngurung diri di kamar, sering jalan-jalan sendiri, jarang bersosialisasi. Kegiatannya kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) atau justru pu-pu (pulang-pulang alias kaga kuliah sama sekali akibat ketiduran) *garing* Malah liburan 3 hari kemaren gue autis pol-polan. Ngapa-ngapain benar-benar tanpa bareng temen.

Ngomong-ngomong tentang liburan kemaren, gue ga jadi jalan-jalan sebatang kara. Yang ada malah bikin permainan sendiri. Yah, autis memang. Jadi, seperti sudah diketahui pada postingan gue sebelomnya kalo kamar mandi gue bermasalah dengan lampu. Nah di suatu pagi yang cerah, gue pun berniat untuk cibang-cibung. Seperti biasa, gue pake lilin buat membantu penerangan. Gue liat sih lilinnya udah pendek banget. Dan gue, lo pada tau ndiri kan malesnya kayak apaan, tentu saja cuek bebek mengetahui kenyataan bahwa sang lilin sudah sekarat. Ah palingan bentar ini mandinya, pikir gue. Tapi gue melupakan ritual lainnya, sodara-sodara. Anda semua pasti taulah biasanya sebelom mandi ngapain dulu. Tau kan? Apa? Masih pura-pura ga tau? Oke, ritual itu bernama hajatan alias buang hajat. Otomatis waktu yang gue perlukan di kamar mandi jadi tambah lama dong, sedangkan lilin yang menurut analisa gue bakal tahan pas gue mandi tentu ga sanggup memancarkan cahayanya selama itu. Ya sudahlah. Pas gue kelar hajatan, pas tu lilin mati. Gelap gulita seketika. Beneran ga keliatan apa-apa. Di tengah kegelapan itu, muncul ide untuk menciptakan permainan autis. Yang dimana pembuat lomba adalah gue, jurinya juga gue sendiri, pesertanya pun si Adam Rinaldi.¬† Permainan ini namanya mandiri (mandi sendiri) Jadi dari mulai naro baju ke gantungan, nyalain keran, ngambil+make sabun, ngambil+make sampo, sampe pake baju lagi, itu gue harus gue lakukan dengan tertib serta rapi, dan hanya mengandalkan feeling semata. Hasilnya? Sukses. Gue cuma salah 1 dari rangkaian kegiatan tersebut. Gue bukan make sabun buat keramas kok, tapi cuma salah ambil sampo. Ya, gue malah ngembat sampo temen gue. Hal ini baru disadari ketika gue ngebilas rambut kok baunya beda yah dari sampo gue selama ini. Muahahah… Gapapa lah. Yang penting hampir semua bener, cuma ketuker sampo doang. Nilai gue 9 dari 10. Hehehe.. Gue berpikir manfaat permainan ini adalah untuk mengasah feeling kita, mencoba mengenali suatu ruangan, serta mengasah ingatan kita dimana letak perabotan di ruangan tersebut dengan baik. Permainan ini cocok untuk orang malas, autis, dan kurang kerjaan kayak gue.

Betul, tulisan kali ini beneran nyampah banget dah. Bingung gue juga soalnya mau nulis apaan. Beginilah kalo garing gue lagi kumat. Jadi harap maklum buat para pembaca. Hehehe..

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. sehat4life said, on March 13, 2009 at 10:06

    hallo
    bagus bahasan di blognya.
    mau sharing, seorang pakar autis mengatakan bahwa autis bisa diterapi dengan diet yang spesial. silahkan kunjungi blog saya bila mau info lebih lanjut.
    http://distributor4lifeindonesia.wordpress.com/2009/03/13/pengobatan-autis-terapi-autis-dan-ciri-ciri-autis/
    terima kasih
    semoga artikel-artikelnya semakin bertambah dan mencerahkan orang-orang

  2. Septine Wulandini said, on March 22, 2009 at 18:22

    Wahaha.
    Kadang2 emang perlu kok autis.
    Tapi lo autis bgt yak?
    Wahaha.. *kaburr..


Leave a Reply

