Long Journey

Krisis Identitas

Posted in Pemikiran Ga Jelas by Adam Rinaldi on March 8, 2009

Blog gue udah menyimpang dari tujuan semula. Tadinya tulisan-tulisan yang gue buat pengennya bertema serius, yang bermanfaat, yang kalopun gue sisipin humor garing di dalemnya, ya cuma sekedar intermezzo aja. Tapi ternyata sekarang malah melenceng jauh. Udah jarang gue nulis tentang pemikiran atau pengalaman gue yang setidaknya ada sedikit pesan moral gitu. Sehingga terkadang orang bilang blog gue cuma sekedar ajang mengumbar aib. Ada juga yang ngomentarin tentang themes-nya. Themes yang gue pake sekarang ga cocok karena blog gue lebih ke komedi. Jadi harusnya themes kartun aja agar sesuai. Hahaha.. Agak ga puas juga sebenernya dengan pernyataan tersebut. Namun itulah kenyataannya. Gue baca sendiri tulisan gue yang akhir-akhir ini, trus nyari, dimana ya pesan moral positifnya? Dimana ya tema dan kalimat yang bisa membuat orang yang baca jadi merenung? Sayangnya, gue ga nemuin itu. Ada sih salah satu temen bilang blog gue kayak nano-nano, sedihnya dapet, lucunya ada, dan paling penting bisa bermanfaat. Wah waktu itu gue jujur ngerasa tersanjung. Jarang-jarang gue dapet tanggepan positif atas apa yang gue lakuin.😀

Sebenernya ini bukan masalah juga. Cuma karena gue pengen nulis tapi ga tau tema yang bagus apa, ya udah biarin aja ni jari ngetik ndiri. Dan hasilnya jadi ngomongin tentang krisis identitas blog gue. Hehehe.. Yah. Di umurnya yang baru 5 bulan, dia belom jelas tujuan hidupnya apa. Kalo boleh jujur, niat awal gue ngeblog tuh pengennya berbagi pengalaman yang di dalemnya ada hikmah. Tentang hasil pemikiran aneh yang gue dapet setelah ngalamin berbagai peristiwa di dalam hidup. Yang mungkin orang-orang pernah ngalamin juga, sehingga mereka berpikir “Oh iya. Ini mirip sama kejadian gue. Wah hasil renungannya boleh juga nih walopun aneh” Nah kaya gitu lah cita-cita gue. Tapi kenyatannya, setelah gue survey ke beberapa temen dengan pertanyaan ” Tulisan mana yang paling disuka dan kenapa”, berikut jawaban mereka,

Teman 1 : Tulisan “Salah Apa Gue?” Soalnya lo menganalogikan lo sebagai kupu-kupu. Oh man, it’s so gay!

Teman 2 : Yang judulnya “Ngebuat Yang Kecil Jadi Gede, yang Gede Jadi Kecil” Bukan karena lo nyeselnya, tapi gue lucu aja ngebayangin lo naek sepeda siang bolong pake jaket ketutup begitu rupa

Teman 3 : Yang “Motivasi” Abis lucu, saking gendutnya sampe pipi kesundut aja ga kerasa. Hihihi..

See? Walopun sebagian besar seneng sama tulisan yang gue bikin dengan tema serius, tapi alesan mereka suka adalah karena bagian lucunya. Bukan yang gue harapkan, yaitu di bagian perenungan. Hahaha… Yah dasar manusia. Gue ga pernah puas mulu, padahal ada orang yang sudi baca aja harusnya udah bersyukur. Apalagi kalo sampe suka.

Gue sering denger dan terinspirasi kata-kata ini: sebaik-baiknya orang adalah yang bisa berguna bagi orang laen. Berhubung minim bakat, maka gue jadikanlah menulis yang dirasa paling gue bisa, sebagai media untuk menjadi orang yang bermanfaat itu. Sukur-sukur kalo gue bisa mencapai target tersebut.  Tapi gue ga bisa seperti kebanyakan blog laen yang ngasih informasi, tips-tips, menyelipkan link-link untuk download, dan apapun itu yang berguna. Bukannya sok-sokan beda, cuma emang dasar gue males buat ngeriset atau googling nyariin info. Jadilah blog gue sebagai tempat berbagi pengalaman dengan pemilihan kalimat yang standar,  hasil dari pemikiran yang sering dangkal, jauh dari kata indah dan romantis, tanpa data-data, tanpa fakta akurat, hampir tidak ada quote bijak, serta miskin bahasa kiasan yang sangat nyastra.

Namun mungkin gue perlu nelaah lagi, ngapain sih gue mikirin ini? Kalo mau nulis, ya nulis aja. Tuangin lah yang ada di pikiran gue. Mau itu lucu, garing, sedih, nyampah sekalipun, ga apa-apa. Sebodo amat keluar konsep juga. Ga usah takut dibilang ngikutin, ga ada manfaatnya, ga berbobot, ga berprinsip. Yah dengan nulis sesuatu yang garing-garing lucu juga udah cukup bisa ngebuat orang nyengir. Betul, ngehibur. Itulah manfaatnya. Manfaat itu ga selamanya harus serius, hasil perenungan, atau apa. Menghibur juga salah satu manfaat buat orang yang lagi stres, marah, sedih, ataupun bosen. Lagian perspektif orang beda-beda dalam memandang sesuatu. Bisa aja dengan kesensitifan mereka yang tinggi, dapat diambil hikmah yang sejujurnya gue sendiri ga nyadar dan menganggap tulisan gue ga ada pesan moralnya. So, gue ngebiarin ni blog nentuin pilihannya. Seiring dengan pemikiran gue, juga berjalannya waktu, dia bakal nemuin jati dirinya sendiri.

Leave a Reply

