Long Journey

Tiuplah Dengan Mulut

Posted in Sekolah dan Kuliah by Adam Rinaldi on February 14, 2009

Hoi..

Jogja cuacanya lagi ga asik ni. Ga bisa ditebak. Abstrak. Kaya muke lu : abstrak. Hehehe…Pas lagi cerah, eh tiba-tiba ujan. Dari kemaren mau cabut ga jadi mulu. Jadi, keseharian gue dihabiskan saja di kamar kos sempit ini. Huehhh…

Tapi gue emang suka juga sama suasana ujan sih. Adem aja gitu. Tinggal nyalain komputer, siapkan cemilan (entah 2 bungkus besar snack keripik singkong, 75 gram kacang kulit, atau kebab ditemani dengan sekotak jus jeruk) dan biarkan jari-jari ini menjelajahi keyboard. Sukur-sukur jadi tulisan. Hehehe.. Tapi kadang kalo lagi ujan gini, gue doyan juga maenin gitar. Genjrang-genjreng ga jelas. Lagunya itu-itu aja. Maklum, gue miskin vocab lagu. Eh pas gue iseng maenin lagu Anak Sekolah yang dibawain sama Purpose band, ingetan gue kembali pada 8 taon lalu. Dimana gue pertama kalinya diajak ngeband. Gue dengan sotoynya mengiyakan tawaran itu. Padahal mah gue ga bisa sama sekali maenin alat musik. Paling banter gue bisa maenin suling bambu. Itu juga bisa maennya dengan susah payah gara-gara ada pelajaran Karawitan pas esde.  Ngomong-ngomong suling dan karawitan, gue ga sejago temen gue yang bernama Jack dalam bermain suling. Tu orang nama aslinya sih Arya, cuma lantaran doi doyan banget nonton sinetron Jinny Oh Jinny yang dimana pada sinetron itu ada tokoh bernama Jaka atau kadang disebut Jack, maka nampaknya panggilan tersebut layak disematkan padanya. Hehehe.. Nah si Jack ini antusias banget kalo lagi pelajaran karawitan. Segala macam lagu dimaenin pake suling bambunya. My Heart Will Go On yang lagi buming saat itu, tak luput dia mainkan. Ngeliat bakatnya tersebut, kayanya dia bakal sukses jadi penerus Kenny G. Cuma kalo Kenny G pake saxophone, dia pake suling bambu. Sesuai dengan budaya Indonesia. Waw, kita harus memberi apresiasi lebih kepadanya. Dan mungkin kalo dia udah gede terus jadi pemaen suling profesional, namanya bakal berubah jadi Kenny Jack. Beuh, ngeri ga tuh.

Lanjut, ternyata saking berbakatnya, dia merasa bosan dengan rutinitas meniup suling. Tenang, dia tidak bermaksud gantung suling kok. Cuma, entah dia  butuh cara bermain yang lebih menantang atau emang kreativitasnya ga terbendung, dia nyoba merubah gaya meniup suling. Kalo selama ini kita taunya suling yang notabene ditiup dari mulut, kali ini dia mengimprove dengan MENIUP SULING MENGGUNAKAN IDUNG!! Wooaahh.. Dahsyat. Inbox. Derings. Apa lagi? hehehe… Ampe ada tekniknya segala. Konon katanya, maen pake idung ga segampang kalo niup pake mulut. Wow, sekalian aja bikin modul atau silabus teknik bermain suling memakai idung dengan baik dan benar. Pas gue nekat bertanya kenapa dia melakukan hal tersebut, jawabannya sih dia terinspirasi dari seorang kakek  yang suka ngamen di jalan Suryakencana. Beliau lah pionir meniup suling make idung. Hmm..kreatip juga. Ntar gue mau ikutan improve ah kalo gue ada acara tiup lilin pas ulangtaun. Gue bakal niup pake idung. Dan orang-orang yang tau kalo bolongan idung gue lebih gede daripada sumur (bisa dibayangkan betapa leluasanya upil gue ditembakkan dari idung selaksa peluru meriam pas perang dunia), bakal nolak semua gue kasih first cake. Hehe..

Nah suatu hari pas pelajaran karawitan. Si Jack sudah siap dengan suling andalannya. Murid-murid bersiap untuk memainkan lagu sunda bersama. Dan ketika lagu mulai dimainkan, si Jack merasa ada yang ga beres dengan sulingnya. Instrumen dari bambu itu ga bersuara. Mampet. Wah ada apa ini? Si Jack yang menganggap suling itu kebutuhan primernya setelah sandang pangan papan, tentu saja uring-uringan. Panik et de disko. Dia pun melapor kepada Pak Guru mengenai ketidakberesan soulmatenya tersebut. Setelah si bapak memeriksa dengan saksama, ternyata didapat kesimpulan bahwa ada yang menghambat lubang tiupnya. Pak Guru pun meminjam lencana seorang murid buat mengorek sesuatu yang menghambat itu. Dengan jarum yang ada pada lencana, dikoreklah penyebab gagal tiupnya suling tersebut. Ternyataa..yang nyangkut di lobang tiupnya itu adalahhh..UPIL!! Upil yang mengeras. Jiyaaa…hooeekk.. Jadi selama ini secara ga sadar pas si Jack niup-niup pake idung, tu korong alias upilnya berakumulasi nutupin lobang tiup si suling. Ya jelas aja kaga bunyii.. Aduh bener-bener deh. Dan yang bikin gue bingung, dia kaga ngerasa asin-asin gitu apa ya di mulutnya pas nyoba niup tu suling? Huehuehueheu…

Jadi, cerita tersebut bisa dijadikan bahan renungan untuk pelajaran kita kali ini. Janganlah meniup yang seharusnya pake mulut dengan selaen mulut. Suling udah kodratnya ditiup pake mulut. Bukan pake idung. Seperti kodrat saya cakep, anda tidak. Camkan ini baik-baik. Terus pelajaran buat Jack, mungkin dia perlu meriset lebih dalam tentang bahaya meniup suling dengan menggunakan idung, contohnya tragedi upil nyangkut atau malah lebih berbahaya lagi seperti kesulitan bernafas. Dan juga alangkah baiknya  bagi dia untuk meminta tips-tips kepada si kakek pengamen yang merupakan panutannya dalam bermusik itu, tentang resiko bersuling dengan cara tidak lazim tersebut. Hahahaha…

*btw gue niatnya mau cerita tentang pengalaman nge-band gue malah ketulisnya cerita beginian. Kaga nyambung yak. Biarin deh. Hehehehe*

(Cerita ini tidak fiktif belaka. Semua nama dan kejadian bukan kebetulan yang direkayasa. Terima kasih juga buat Jack yang sudah mengizinkan kisahnya ini diekspos (gue nulis duluan baru minta izin) Hahaha..)

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Septine Wulandini said, on February 14, 2009 at 08:20

    Haha.
    Jijay gila.
    Tapi kocak.

  2. shaami said, on February 14, 2009 at 23:32

    jadi pengen kenal sama si Jack. hahaha
    anyway,
    kenapa gaya nulis lo jadi mirip banget sama Raditya Dika?

  3. cHayo said, on March 9, 2009 at 13:47

    Seru..seru ceritanya,
    btw saya gi belajar seruling nih… tulis tentang itu donk..

    thx

    • Adam Rinaldi said, on March 17, 2009 at 17:56

      Haha.. Maen suling mah simpel. Tiup aja pake mulut, jangan pake idung. Sekian tips dari saya.


Leave a Reply

