Long Journey

Ironi

Posted in Pemikiran Ga Jelas by Adam Rinaldi on December 8, 2008

Btw gue abis iseng-iseng nyobain tes kepribadian gitu di salah satu website. Dan hasilnya adalah sbb:

Click to view my Personality Profile page

Hehe..seru juga nih. Emang sih tes ini masih diragukan validitasnya (eh bener ga sih bahasanya?), tapi buat gue asik aja gitu ngeliat diri sendiri kayak gimana menurut tes tersebut.
Oke, jadi di situ tuh tertulis profesi apa yang kira-kira cocok dengan kepribadian gue. Gue tertarik buat ngebahas yang ditampilin pertama sama tes itu,yaitu artist. Bisa juga sih yang musical. Mungkin gue akan nulis yang 2 laennya pada post berikut-berikutnya. Oke, kita mulai. Artist. Artist di sini maksudnya mungkin bukan yang ekting-ekting atau digosipin sana-sini itu kali ya. Artist=seniman. Mengingat gue ga bisa nari dan mahat patung, gue sih ngerasanya ada pada bidang lukis serta musik. Yap, gue suka banget ngegambar dari kecil. Apaaa…aja dicorat-coret. Tembok rumah, pintu kamar, sampe muka tetangga yang nyebelin (hehe) Dan ngegambar yang paling gue bisa tuh ngegambar orang. Ditambah lagi pas esde suka dibeliin komik sama bokap, jadi makin demen lah gue ngegambar. Malah sempet bikin komik pendek yang dipajang di mading esde gue. Wah senangnya. Cuma, cita-cita buat bikin komik ternyata terhambat sama sifat moody gue. Pas awal-awal semangat, eh di tengah-tengah suka buntu ide. Akhirnya, komik gue ga selese-selese deh ampe sekarang. Hehehe..padahal almarhumah nenek gue sangat mendukung buat bikin komik. Tapi apa daya, gue udah sangat jarang ngegambar sekarang. Terhitung sejak esema ga suka ngegambar lagi. Kalo buat musik, justru waktu esde gue ga suka maen musik. Buat gue, musik cuma buat didenger. Itu aja. Makanya gue suka sebel sama anak-anak seumuran atau temen kelas yang pada bisa maenin gitar. Dalem hati gue, “apaan sih, TP banget (eh taun 99 blom ada istilah TP ya?)” Yah pokonya sok keren banget, pengen dipuji cewe-cewe, kesannya sombong, dan segala macem kata-kata sirik laennya (hehehe)
Namun ternyata, gue harus menjilat ludah sendiri. Yak, gue tertarik maen gitar pas esempe. Tertariknya juga gara-gara waktu itu cewe kecengan gue lagi suka sama lagunya Vertical Horizon yang Best I Ever Had. Nah, tau informasi itu, gue langsung minta temen yang jago gitar bernama Fahris buat ajarin maenin tu lagu. Gue pun minta dibeliin gitar ke orangtua. Setelah dibeliin, si Fahris ngajarin lagu itu dengan kebut. Gue ga tau kord selaen yang ada di lagu itu. Pokonya mah harus bisa aja maenin, ga penting ngenal kord yang laen. Akhirnya, setelah jari kapalan, keringetan, ngos-ngosan, latihan siang malem (lebay) gue pun bisa maenin lagu tersebut. Tapi, pas gue siap buat TP dan nanya si kecengan masih suka ga sama tu lagu, eh dia jawab udah ga suka. Bosen. Gubrakk..hahahaha…berasa sia-sia latihan selama ini. Tapi dari situ gue ga kapok buat maen gitar. Malah makin suka. Sempet juga ngikutin beberapa festival band, tapi ga pernah menang. Hehehe…
Mengingat pengalaman di atas, gue suka bingung, kenapa banyak banget ironi dalem hidup gue. Gue yang dulunya sebel banget sama orang yang maen gitar, sekarang malah demen genjrang-genjreng. Gue juga dulu pernah bilang sama temen ketika dia nanya gue mau ngelanjutin kuliah dimana. Waktu itu gue jawab “Gue mungkin UI atau IPB. Kalo UGM udah pasti ga akan, soalnya emang ga minat dan denger-denger dosennya di sana pada kolot. Serem ah” dan apa yang terjadi sekarang??? Gue kuliah di universitas yang dosennya pada kolot itu, sodara-sodara!! Hahahahhaaha… Itu cuma sedikit contoh dari banyaknya ironi yang terjadi dalem hidup gue.
Cuma, lama-lama gue jadi sadar. Ternyata ngejilat ludah sendiri itu ga selamanya buruk buat gue. Dengan itu, gue bisa maen gitar,walopun ga jago. Setidaknya mempunyai kemampuan untuk memainkannya. Malah kalo dipikir-pikir, mungkin itu adalah bakat terpendam gue selama ini yang baru berhasil kegali.
Gue juga pernah ngerasain bahagia sama seseorang yang dulunya gue benci dan gue ga malu ketika orang-orang di sekeliling bilang “Doo…katanya dulu ga sukaa..katanya dia ini lah itu lah..Tapi sekarang..ciee..ciee..” *diucapkan dengan gaya ABG masa kini yang baru aja ngeliat pasangan cewe cowo jalan bareng. Mukanya ngeledek tapi entah dalem hatinya sirik atau apa. Heheheheeh*
Gue pun bisa ngilangin sifat gengsi berlebihan karena seringnya ironi dateng ke kehidupan gue, yang mau ga mau memaksa gue ngejilat ludah sendiri.
Mungkin ini jalan dari Allah buat nunjukin gue kalo gw punya bakat di musik, melalui cara yang ironis, yang ternyata dari keironisan itu gue bisa belajar lagi, supaya gue menjadi orang yang ga punya rasa gengsi berlebih, mau mengakui keterbatasan diri, mau mengakui kesalahan, tidak sombong,dan menyadari ternyata banyak hal yang tidak sesuai dengan harapan juga ucapan kita. Sering banget takdir itu ga terduga. Oiya, hal laennya yang bisa gue ambil, ada baiknya juga sih untuk ngejaga ucapan. Karena apa yang gue ucapin biasanya yang terjadi tuh kebalikannya. Benci ini, malah jadi suka. Seneng itu, malah jadi sebel.
Btw, gue jadi mikir, kalo gitu apa hikmahnya gue kuliah di sini ya? Dulu kan gue sebel sama orang yang bisa gitar–>jadi suka maen gitar–>jadi tau bakat. Nah kalo sekarang apa ya? Ga mau masuk UGM–>malah masuk UGM–>?. Yah semoga aja outputnya itu hal positif deh*lagi desperate sama perkuliahan sih sebenernya*
Dan dengan kenyataan itu semua, gue pun cuma bisa ngomong,
Ok, we’ll see..

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Septine Wulandini said, on December 13, 2008 at 08:49

    hihi..sabar aja.. pasti ada hikmahnya kuliah di ugm

    kk kelas gw lulusan ti ugm, kerjanya di total..
    wooo
    smoga mnular
    aminamin

  2. dita said, on December 19, 2008 at 09:10

    well … life has a funny way..
    (denger dan pahami lagu ironic-Alaanis morisette deh)


Leave a Reply

