Long Journey

Ngebuat yang Kecil Jadi Gede, yang Gede Jadi Kecil

Posted in Kejadian Sehari-hari by Adam Rinaldi on December 4, 2008

Bukan. Judul di atas bukan merupakan tagline sebuah buku sulap. Itu adalah salah satu dari sekian banyak sifat jelek lainnya yang gue miliki. Gue termasuk orang yang panikan. Segala sesuatu yang kata orang sepele *ga jarang menurut gue juga* gue suka menanggapinya dengan belebih. Begitu juga sebaliknya, hal yang menurut orang penting, suka gue sepelein. Buruk sekali emang. Dan salah satu sifat jelek gue laennya adalah sensi.
Ngebuat yang Kecil Jadi Gede, yang Gede Jadi Kecil + Sensi = Disaster.
Begitulah keadaan gue beberapa hari ini. Emosi suka ga stabil dan adaaaaaaaaa…aja gitu yang bikin gue pengen marah-marah. Yah, sekalian mau negesin kalo sensi itu ga selamanya identik dengan cewe.
Mungkin puncak kesensian gue terjadi pada hari ini.
Tadi gue praktikum ergonomi tentang thermal. Yang dilakuin adalah naek ergo cycle (eh bener ga ya tulisannya?) Ya pokonya semacam sepeda yang kaya di tempat fitness gitu deh. Udah gitu gue harus sesepedahan (baca: naek sepeda) make jaket yang kudu ditutup semua badan gue. Pe pake penutup palanya segala! Kebayang kan panasnya kayak apaan. Setelah puas berolahraga siang bolong gitu, gue langsung menuju Lab. Simulasi. Maksud hati pengen nambahin yang kurang dari model gue yang kemaren udah nge-run. Eh pas dicoba, malah error. Gue puyeng banget ngeliatin urutan prosesnya. Padahal kemaren nge-run. Kenapa sekarang eror????? Apa gue lupa nge-save?? Apa model gue ada yang ngotak-ngatik? Apa gue salah nambahin komponen di model?? Anjritt… kekeselan gue memuncak. Udah mah cape, eh dihadapkan pada kenyataan kayak gitu. Model yang susah-susah gue bikin ternyata sekarang kaga nge-run. Brengkeseeeeekkkkk!!!!!!
Gue langsung balik dengan kekesalan yang amat sangat. Kalo ada telor mentah ditaro di kepala gue, bisa mateng kali tuh dalam beberapa menit doang. Edan, gue ga abis pikir. Gue trus nyoba bikin lagi dengan maksud latihan. Pas gue udah bikin location, resources, entities, dan blablabla yang laen, pas mau ngerjain processingnya, gue pengen liat dulu hasil kerjaan temen yang bener. Eh ternyata ga ke save model latihan tadi. Alhasil, ilanglah semua model latian gue barusan. Jegerr.. Speechless.. Ga tau kata-kata makian apa lagi yang harus diucapin.. Akhirnya gue mutusin tidur aja buat nenangin diri. Sekalian ngilangin cape lah. Ga lama, nyokap nelpon. Gobloknya, gue ngangkat dengan penuh kemalasan dan tanpa sadar gue ngomong ke nyokap dengan nada ngebentak. Padahal nyokap menyampaikan kabar kalo gue abis dikirimin duit. Dasar gue anak ga tau diuntung. Kalo gue idup di jamannya Malin Kundang, udah dikutuk jadi batu mungkin sekarang. Dan ntar yang ada Legenda Adam Kutang, bukannya Malin Kundang. Sejarah pun berubah.Huhuhuhuhuhuhuh….
Sumpah, gue nyesel banget udah berlaku kasar gitu. Akhirnya gue SMS beliau “Ntar malem aja aku cek ke ATMnya. Aku lagi cape & kesel banget sekarang”
Ga lama kemudian, nyokap bales “Iya, maaf yah..”
Gila, kenapa jadi nyokap yang minta maaf? Ini malah bikin gue makin ngerasa bersalah. Gue pun nyesel. Bener-bener nyesel. Nyokap adalah korban kesensian gue kali ini. Parahnya, kenapa harus nyokap? Beliau nyampein berita bagus dan gue menanggapinya dengan kasar?? Begitu bodohnya gue, begitu durhakanya gue, dan gue juga keabisan kata-kata buat mengutuki diri sendiri mengenai kejadian ini. Hal sepele seperti ga nge-runnya model ditambah sensi akibat lelah udah bikin gue berdosa besar. Nyakitin hati orang paling berjasa dalam hidup gue,  yang ngebesarin gue dengan kasih sayang yang amat sangat tulus. Disinilah gue ngerasain betapa sayangnya nyokap sama gue. Betapa sabarnya beliau sampe ga marah sama gue. Betapa..dan.. akhh..gue nyesel banget kenapa ini harus terjadi. Gue pasti udah ngegores luka di hati nyokap.
Akhirnya, karena memang jarak misahin kami berdua, gue cuma bisa SMS “Ga, bukan ke mama ko. Aku lagi kesel sama praktikum. Maaf..”
Nyokap bales “Ya, sabar aja. Mama doain..”
Dan, rasa bersalah gue pun semakin besar…

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. dita said, on December 4, 2008 at 09:20

    mungkin itulah sebabnya ada pepatah yang mengatakan bahwa surga ada di telapak kaki ibu… ibu kita selalu maafin kita, apapun kesalahan kita.. mau besar atau kecil.. atau yang kecil digede2in..(hehehe)

    Yah.. emang hidup suka ironis Dam.. lo harus denger lagu Alanis Morisette yang judulnya Ironic, yah minimal lo baca lirik nya deh.. cari aja di google pasti ada..
    baca kata2 yang :
    “Life has a funnya way…..”

    Lo harus bersyukur punya nyokap kaya gt.. mungkin lo bs nunjukin rasa sayang lo sm nyokap melalui nilai lo,, atau pas lo dirumah lo bantu2 dia atau jalan sm dia.. ngedate sama nyokap perlu tau menurut gw.. karena gw sk ngedate sm nyokap gw.. hoho

  2. shaami said, on February 8, 2009 at 14:33

    semester 5 kemaren gw banyak mengalami kejadian serupa sama ilang dan erornya tugas2 lo gitu. contohh.. ada uas produksi radio yang disuruh bikin program feature 1 jam (kedengeran simple, tapi najong juga dam sebenernya. karena kudu nguras otak buat mikir kreatif, ngasih efek syalalala, edit kanan kiri, cari bahan siaran, bla bla bla..)
    dan gw cicil selama 3 hari.
    selesai gw burn di cd, gw cek lagi di laptop gw, semua fine aja2. di depan sekre, 15 menit sebelum detline ngumpulin uasnya (ni uas take home gitu), gw cek lagi pake laptop orang.
    SURPRISE..!!
    ga bisa kebaca aja tuuhh semua hasil karya gw. eror gara2 software yang gw pake SEDIKIT TERLALU CANGGIH dari yang dipake orang kebanyakan.. hebaaatt…
    sore itu gw ngebut bikin lagi yang sama selama 2 jam dengan software yang SEDIKIT LEBIH KUNO dan nyusulin sendiri tugas uas itu ke rumah dosen gw di bilangan ciputat…

    ketika gw pertama kali find out tu uas ga bisa dibuka, hemm.. sensasinya kaya lagi naik kora2. perut naek semua ke muka, detak jantung gw juga jadi cuma 3 detakan per menit. tangan kaki kesemutan. pala cenut2.
    tapi.. akhirnya gw cuma narik napas panjang.. meyakinkan diri bahwa everything’s gonna be just fine kalo gw tenang ketika ngadepin masalah kaya ginian ‘doang’.

    baru satu kisah aja di salah satu mata kuliah..
    hahaha..
    laen kali dapet yang ginian lagi, hajar aja dam.. masalah kan bumbu idup juga. biar makin gurih. hahahaha…

    and yes,
    we’ll always be amazed of how patient and amazing our mothers can be. no matter how crap we’ve been.
    dasar anak, eang suka lupa diri ya. hehehe

  3. Adam Rinaldi said, on February 10, 2009 at 22:19

    buat shaami : kasiaaan deh lo. hahaha…. boong mi, emang masalah suka ada aja. tapi gw ga suka yang gurih2. maunya yang manis-manis. huehehehehe…

  4. atya said, on March 6, 2009 at 12:14

    Sabar aja ndut…
    Cuma itu kata2 sakti dri gw. he he…
    uda lewat juga kan ? Ternyata hidup lu lbh rumit nampaknya…
    huhu..

    Teruslah berkarya, lu bisa jdi inspiring gw😀


Leave a Reply

