Long Journey

Review Hape Smartfren XStream E781A

Posted in Review, Uncategorized by Adam Rinaldi on November 26, 2011

UPDATE: Hapenya udah kejual. Pas gue pake modem EVDO EC1261-2 kecepatannya kalah mayan jauh dibanding hapenya. Tapi setidaknya masih lebih baik lah dibanding GSM.

PENTING: Review ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan pengalaman setelah mencoba menggunakan sendiri. Tidak ada unsur promosi (karena emang ngga dibayar) Segala poin yang tertulis di sini murni dari apa yang dirasain. Jadi kalo ada yang ngga setuju, silakan, karena ini semua cuma masalah selera. Hasil saya belom tentu sama dengan hasil anda.

Anjirrr postingan gue udah panjang-panjang malah keapus! Yaudah, deh langsung aja gue mau review Hape Smartfren XStream yang baru gue beli tadi malem.

PERTAMA, gue mau bilang kalo hape ini DEFAULTNYA di-LOCK dengan kata lain, NGGA BISA PAKE OPERATOR LAIN SELAIN SMARTFREN.

1. Kelengkapan

Boxnya lebih sedap dipandang mata dibandingin Hape Enduro yang ngejreng banget bin norak itu. Dalam paket pembeliannya terdapat handset, charger, kabel data mini USB, headset, adapter jack 3,5 mm ( sangat bermanfaat kalo misal headsetnya ilang atau rusak) manual user, buku panduan instalasi modem, panduan aplikasi yang tertanam di hape (Youtube, Facebook, Twitter, Nimbuzz) kartu garansi, dan starterpack Smartfren dengan bonus 12 GB internetan selama 12 bulan. Syaratnya tiap bulan isi 50 ribu, dapet internetan gratis sebulan sebesar 1 GB dengan kecepatan maksimum 3,1 Mbps. Berikut gambar kelengkapannya:

2. Desain

Bodinya bongsor gara-gara mengusung layar QVGA 2,4 inch. Kesan pertama, sekilas ni hape diliat mirip Haier C700 yang diusung Smart beberapa taun lalu. Sekelilingnya dilapisin lis silver. Terlihat kaku dan kuno, ngga stylish. Keypadnya empuk, tapi kecil. Agak licin karena berbahan dasar glossy. Tombol di sekeliling navigasinya pun sering membuat gue salah pencet. Kebanyakan tombol dengan jarak yang terlalu rapat. Jujur aja gue ga terlalu nyaman mencet-mencet nih hape. Entah karena desainnya atau karena jempol gue kegedean. Cuma ada 1 port di samping kiri buat charge, kabel data dan headset. Jadi rada repot kalo mau multitasking. Slot microSD ada di samping kanan. Nilai minus satu lagi adalah penutup belakang yang sangat tidak user friendly. Dengan bahan dasar doff kesat, entah kenapa didesain bukan dengan konsep geser, melainkan kudu dicongkel pake kuku. Agak menyakitkan jari dan tentunya merepotkan orang yang suka gonta ganti sim card, ya walaupun ini sudah di lock oleh Smartfren sih. Untuk gambar bisa dibuka di web Smartfren :D

Nilai: 6

3. Interface dan profil

Tampilan antarmuka yang lumayan menarik, ngga kayak ponsel China kebanyakan. Yang aneh, nih hape gue cari-cari merknya ngga ketemu. Cuman dinamain Smartfren E781A. Biasanya ada nama vendor ponselnya kayak Haier, Huawei, ZTE, tapi ini kaga. Denger-denger sih ini hape besutan Alcatel (Prancis punya) tapi gue liat di balik batrenya tuh malah ga ada merk apa-apa dan cuma ada tulisan Made in China. Menunya berformat 3 x 5, icon-icon yang ditampilin ngga norak (setidaknya menurut gue) Gede banget layarnya, terang serta tajem juga, padahal cuman 65,000 warna. Brightness bisa diatur dengan 3 settingan berbeda. Gue pasang di dark aja udah cukup terang. Ngga bisa ganti themes, cuma bisa ganti wallpaper. Disediain beberapa ringtones dan wallpapers sama Smartfrennya, tapi kita bisa juga nambahin ringtone dan wallpaper sendiri.

Nilai: 7,5

4. Aplikasi

Aplikasi yang diandalkan ni hape adalah social networking dan streaming. Ada Youtube dan TV & Radio streaming. Youtube-nya lumayan lah. Emang ga buffering karena versi mobile. Pas gue setting video dalam tampilan normal, lancar. Tapi begitu high quality ngelag. Suaranya sih jalan terus, tapi gambarnya lambat dan patah. Hahaha.. buat ukuran hape seharga 299ribu, gue emang ngga ngarep lebih. Tapi patut diapresiasi usaha dia buat nyediain Youtube ini. Kalo TV dan radionya entah kenapa gue ga berhasil strimingin. Ga tau jaringannya jelek atau guenya yang gaptek. Beralih ke social networking, aplikasi yang disediain cukup lengkap. Ada Facebook, Twitter, Kaskus, sama Nimbuzz buat chatting. Semuanya berjalan lancar. Ada juga aplikasi Smartfrenku yang gue ga tau buat apaan. Untuk browser, Smartfren nyediain browser bawaan dan Opera Mini versi 6.

Nilai: 8

5. Multimedia

Buat urusan multimedia juga cukup lengkap. Tapi seadanya banget. Ada kamera 2 MP yang ternyata hasilnya ga jauh beda sama kamera VGA Nokia 3660 jadul gue. Jelek. Image viewer yang ngga terlalu responsif, music player yang seadanya juga. Keluaran suaranya kecil, ga ada equalizernya. Mau diganti headsetnya pun ngga ngaruh. Buat storagenya bisa pake microSD tambahan yang dibeli terpisah. Buat sekedar iseng, disediain juga 3 games sama mereka.

Nilai: 6,5

6. Konektivitas

Kabel data dan bluetooth menjadi andalan konektivitas. Bluetoothnya sudah mendukung A2DP. Kemampuan hape ini yang sudah mendukung EVDO tentu membuat orang-orang pada pengen beli nih hape. Pas gue coba instal sebagai modem juga gampang banget, tinggal plug n play. Ga perlu pake CD driver segala. Dan untuk kemampuannya sebagai modem bisa sedikit terwakili sama hasil ini:

Lumayan buat di kamar kos gue sih. Terpencil, susah sinyal, tapi bisa dapet segitu. Pas dicoba download file kecil, rata-rata sih 50an kbps. Tapi sempet juga 100-200an kbps pas download file yang gede. Jadi kekuatiran gue kalo nih hape ngga setangguh modemnya ga terbukti. Dulu waktu gue pake 2 modem sebelomnya jarang banget nembus diatas 20 kbps. Pernah pake XL 50an kbps, tapi tempatnya di rumah temen gue. Jadi sekali lagi, sebagai sebuah modem, hape ini cukup bisa gue andalkan.

Nilai: 9

7. Memori dan batre

Hape ini sanggup nampung 1000 entri kontak yang bisa diselipin poto tiap kontaknya. Untuk memori perpesanan, XStream sanggup nampung 600 inbox, 300 outbox dan sent items, dan 100 drafts. Batre yang disematkannya berjenis Li-ion 950 mAh, yang mana menurut gue sih cukup kecil buat ukuran hape yang kaya fitur dan berlayar lebar seperti ini. Diklaim sama produsennya bisa tahan 4 jam waktu bicara dan 200 jam standby, tapi semua tergantung lokasi dan pemakaian juga. Gue belom pernah ngukur dipake seharian selain jadi modem sih, tapi ya sebenernya gue ngarepnya ni batre bisa berkapasitas lebih gede lagi dan bisa nyimpen SMS di kartu memori.

Nilai: 7

Kesimpulan:

Dengan banderol 299ribu (sudah termasuk pajak) buat gue hape ini cukup layak beli, terutama buat yang pengen punya hape multifungsi. Gue rada kaget juga dengan fitur selengkap ini Smartfren berani ngasih harga segitu (denger-denger mereka mensubsidi setengah harganya) Tapi begitu dicoba pake dan ditemukan kekurangan di sana-sini, kayanya harga segitu cukup wajar. Ya semuanya balik lagi ke kebutuhan dan selera masing-masing. Kalo emang cuman butuh modem cepet, mending beli modemnya aja. Lebih fleksibel dibawa ke mana-mana dan memang spesialisnya untuk internetan. Kalo butuh hape multifungsi, ni hape layak beli. Jarang-jarang ada hape EVDO dengan harga segini dan kalo mau daftar paket internetan bisa lebih gampang melalui hape (kata temen gue)

Kelebihan : Kaya fitur, harga murah, koneksi cepat EVDO, multifungsi.

Kekurangan : Penutup baterai yang susah dibuka, keypad mengganggu, model kurang menarik, multimedia seadanya.

Tambahan dari bro Zacky: ngga bisa ganti ringtone yg ukurannya lebih dari 50kb, chargernya usb female,jadi bs dipake recharge device yg pake usb port dan satu yang terlupakan, gratis telepon sesama smartfren!

136 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. amasdan said, on October 31, 2012 at 17:27

    gan. . .hp ini suport JSR-75 nggak ya? Itu lho yg agar opmin versi 4 bisa mbaca dan nyimpen halaman tersimpan di memori exsternal! Tolong di jwb ya. . .

  2. Elya Soeliansyah said, on March 14, 2013 at 15:29

    Mau tanya mengenai harga batre dan dapat di beli di mana hp smartfren tipe C700. tolong saya perlu informasinya terima kasih

  3. achmadi said, on July 1, 2013 at 15:53

    hp xstream ev-do saya ada masalah pada operamini kalau di pencet operanya akan tampil error fatal hold # key to reset & log abort…perna takbawa ke galeri smartfren katanya tidak biasa kembali semula operamininya….dan batreinya tidak umum di setiap konter belum tentu ada ….itu hp tidak tahan lama aku pakai belum setaun,,,,,, ini hp tidak cocok dengan namanya xstream…

  4. internet lelet said, on September 18, 2013 at 09:56

    saya pakai modem handphone smartfren extrem revo a, ketika beli mengunakan paket volume lumayan kecepatan download 30 kbps, tapi 2 gb jadi modem di komputer hanya bertahan 5 hari. lalu saya pakai unlimited 49 ribu, parah untuk buka halaman google.com saja 3 menit. browsing juga parah benar-benar lelet. saya mau tanya kenapa paket unlimited 49 ribu/bulan masih dijual kalau benar-benar lelet. kasihan kan pembeli paket 49 ribu ini uangnya terbuang sia-sia hanya untuk mendapatkan internet lelet. harusnya pihak smartfren iklan di tv dibuat tanda bintangnya, bahwa anti lelet khusus untuk paket volume dan paket unlimited diatas 150ribu/bulan, jika paket unlimited 49 ribu/bulan tidak bertanggung jawab. ke 2, pengalaman saya menggunakan handphone extrem revo a seharga 300 ribu ini, jadi handphone tukang sedot pulsa, kenapa ? karena ketika pakai modem di internet misalnya berlangganan 2 gb/bulan, tapi ketika habis kuota tidak ada sms pemberitahuan dari operator, sms itu datang ketika modem sudah dicabut dari komputer. saya sudah beberapa kali kehilangan pulsa 50 ribu raib seketika. akhirnya saya tobat pakai modem smartfren, cukup sudah. saya hanya pakai untuk menelepon dan sms, saya bertahan pakai smartfren agar orang lebih cepat hubungi saya, saya tidak suka bicara lama-lama ditelepon, kalau operator telkomsel bikin kesal orang menelepon saya hanya untuk habiskan talk mania kurang kerjaan. jika pakai smartfren aman. beda operator, bicara seperlunya saja. itulah pengalaman saya pakai smartfren, paket murah, iklas banyak, tapi kudeta kemakmuran pulsa, lelet kali. thanks.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: